Sukses

Cuaca Besok Kamis 1 Juni 2023: Jakarta Cerah Berawan Seharian, Tak Ada Hujan yang Turun

Begitu pun malam hari. Sebagian wilayah DKI Jakarta dilaporkan BMKG cerah berawan, sebagian lagi diselimuti cuaca berawan. Namun, tak ada hujan yang diprediksi bakal turun.

Liputan6.com, Jakarta Cuaca cerah di langit Ibu Kota diprediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terjadi pada Kamis, 1 Juni 2023. Tak hanya pagi, kondisi cuaca cerah dan cerah berawan tersebut berlangsung hingga siang hari. 

Begitu pun malam hari. Sebagian wilayah DKI Jakarta dilaporkan BMKG cerah berawan, sebagian lagi diselimuti cuaca berawan. Meski demikian tak ada hujan yang bakal turun sepanjang hari. 

Sementara itu, untuk wilayah Depok, Bogor, Tangerang juga Bekasi, Kamis pagi keempat kota penyangga Jakarta diprediksi cerah berawan. Langit cerah tersebut terjadi hingga siang hari.

Namun, perlu diwaspadai adanya potensi hujan angin yang bakal mengintai wilayah Bogor. BMKG menginformasikan cuaca ekstrem terjadi bisa terjadi pada siang hingga malam. 

"Waspada hujan yg dapat disertai kilat/petir dan juga angin kencang dengan skala lokal dan durasi relatif singkat pada waktu siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor," jelas BMKG diperingatan dini cuaca, Kamis, 1 Juni," jelas BMKG. 

Berikut informasi prakiraan cuaca besok, Kamis 1 Juni untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi   Siang  Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Cerah   Cerah Berawan
 Jakarta Selatan  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Timur  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Utara  Cerah Berawan  Cerah   Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Cerah Berawan  Cerah   Cerah Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Depok  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
Bogor Cerah Berawan Cerah Berawan Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG Ingat kan Dampak Siklon Tropis Mawar Bisa Sebabkan Gelombang Tinggi di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Siklon Tropis Mawar di sekitar Laut Filipina berpotensi memengaruhi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

"Siklon Tropis Mawar memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa gelombang laut," ujar Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, melansir Antara, Senin 29 Mei 2023.

Dia menjelaskan, gelombang tinggi pada kisaran 1,25-2,5 meter terjadi di perairan Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sangihe, perairan Bitung-Kepulauan Sitaro, perairan selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku.

Lalu juga di perairan barat dan utara Halmahera, Laut Halmahera, perairan Raja Ampat bagian utara, perairan Misool, perairan Sorong bagian selatan, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

"Siklon Tropis Mawar berada di Laut Filipina sebelah timur, tepatnya di 19,0 lintang utara dan 126,2 bujur timur atau sekitar 1.740 km sebelah utara Tahuna," papar Guswanto.

3 dari 3 halaman

Kecepatan Angin Maksimum Siklon Tropis Mawar

Ia menambahkan, kecepatan angin maksimum Siklon Tropis Mawar sebesar 85 knot atau 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimum sebesar 950 milibar dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

"Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Mawar menurun perlahan dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indonesia keluar dari area monitoring TCWC Jakarta," tegas Guswanto.

Dia pun mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap potensi kondisi cuaca ekstrem di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.