Sukses

Cuaca Hari Ini Rabu 31 Mei 2023: Jakarta Pagi hingga Siang Nanti Cerah dan Cerah Berawan

BMKG juga memprediksi tak ada hujan yang bakal turun hingga malam hari, meski kondisi cuaca disebagian wilayah Ibu Kota berawan.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan DKI Jakarta hari ini, Rabu (31/5/2023) didominasi langit cerah dan cerah berawan. Cuaca cerah tersebut dilaporkan terjadi pada pagi hingga siang nanti.

BMKG juga memprediksi tak ada hujan yang bakal turun hingga malam hari, meski kondisi cuaca disebagian wilayah Ibu Kota berawan. 

Begitu pun untuk keempat kota penyangga Jakarta, yakni Tangerang, Bekasi, Bogor juga Depok. Pagi hingga siang nanti cuaca cerah berawan, terkecuali Bogor yang diprediksi bakal turun hujan ringan.

Bahkan lewat laman resminya, BMKG mengungkap ada potensi hujan angin dibarengi petir pada siang hinga malam nanti.

"Waspada hujan yg dapat disertai kilat/petir dan juga angin kencang dengan skala lokal dan durasi relatif singkat pada waktu siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kab dan Kota Bogor," jelas BMKG diperingatan dini cuaca hari ini, Rabu.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota   Pagi  Siang  Malam
 Jakarta Barat  Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah  Cerah  Berawan
 Jakarta Selatan Cerah Berawan  Cerah  Berawan
 Jakarta Timur  Cerah Berawan  Cerah  Berawan
Jakarta Utara Cerah Cerah Berawan
 Kepulauan Seribu  Cerah Berawan  Cerah  Cerah Berawan
 Bekasi  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Depok  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Bogor  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG Ingatkan Dampak Siklon Tropis Mawar dalam 24 Jam ke Depan Bisa Sebabkan Gelombang Tinggi di Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa Siklon Tropis Mawar di sekitar Laut Filipina berpotensi memengaruhi gelombang tinggi di beberapa wilayah perairan Indonesia.

"Siklon Tropis Mawar memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa gelombang laut," ujar Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, melansir Antara, Senin 29 Mei 2023.

Dia menjelaskan, gelombang tinggi pada kisaran 1,25-2,5 meter terjadi di perairan Kepulauan Talaud, perairan Kepulauan Sangihe, perairan Bitung-Kepulauan Sitaro, perairan selatan Sulawesi Utara, dan Laut Maluku.

Lalu juga di perairan barat dan utara Halmahera, Laut Halmahera, perairan Raja Ampat bagian utara, perairan Misool, perairan Sorong bagian selatan, dan Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.

"Siklon Tropis Mawar berada di Laut Filipina sebelah timur, tepatnya di 19,0 lintang utara dan 126,2 bujur timur atau sekitar 1.740 km sebelah utara Tahuna," papar Guswanto.

 

3 dari 3 halaman

Kecepatan Angin Maksimum Siklon Tropis Mawar

Ia menambahkan, kecepatan angin maksimum Siklon Tropis Mawar sebesar 85 knot atau 155 kilometer per jam dengan tekanan udara minimum sebesar 950 milibar dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

"Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Mawar menurun perlahan dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut menjauhi wilayah Indonesia keluar dari area monitoring TCWC Jakarta," tegas Guswanto.

Dia pun mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan upaya mitigasi terhadap potensi kondisi cuaca ekstrem di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini