Sukses

Bantu Para Istri Nelayan Hasilkan Cuan, Relawan Sandi Beri Pelatihan Buat Olahan Ikan Laut

UMKM Sahabat Sandi mengadakan pelatihan pembuatan produk ikan olahan guna memberikan startegi menjadi wirausahawan sukses di bidang perikanan.

Liputan6.com, Jakarta - Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten, diproyeksikan menjadi daerah pusat kawasan perikanan di Indonesia, dikarenakan budidaya masyarakat sekitar cukup bagus dalam mengelola ikan. Namun, ibu-ibu atau istri para nelayan masih belum produktif, dengan begitu potensi ini mendorong UMKM Sahabat Sandi mengadakan pelatihan pembuatan produk ikan olahan guna memberikan startegi menjadi wirausahawan sukses di bidang perikanan.

Ketua UMKM Sahabat Sandi, Abdul Mufakhir mengatakan pelatihan ini dapat meningkatkan nilai beli masyarakat. Sebab, olahan ikan yang dibuat akan meningkatkan pendapat lebih besar bagi para nelayan, karena pelatihan ini membuka pelaku usaha baru untuk memproduksi berbagai macam hasil ikan.

"UMKM Sahabat Sandi melakukan pelatihan pembuatan otak-otak dan bakso dari olahan ikan hasil tangkapan laut. Kami memberikan program ini, karena Kecamatan Kronjo penghasilan ikan terbanyak, kenapa diolah menjadi otak-otak dan bakso sebab itu akan meningkatkan daya beli, sehingga tadinya harganya murah bisa terjual dengan mahal," kata Abdul, Minggu (28/5/2023).

Lebih lanjut, Abdul bersama pihaknya akan memfasilitasi bantuan modal kredit dengan bunga ringan kepada peserta yang berkeinginan membuka usaha setelah mengikuti pelatihan. Ia pun menegaskan program ini akan terus diupayakan, karena ikan memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

"Kami juga akan membuat program yang terus hadir untuk masyarakat bawah, seperti permodalan karena setelah pelatihan ini mereka ingin membuka usaha namun terkendala dengan modal, maka kami fasilitas bantuan kredit dengan bunga yang ringan," jelas Abdul.

"Pelatihan ini akan berkelanjutan untuk para ibu-ibu nelayan, pedagang, serta petani, karena ikan ini masih banyak potensi yang dikembangkan seperti kerupuk, sosis, dan nugget dari ikan," sambungnya.

Menurut Abdul, Sandiaga Uno tokoh yang peduli kepada rakyat kecil, sehingga ia dapat dinobatkan sebagai sosok pemimpin Indonesia di masa depan.

"Pak Sandiaga Uno bagi kami adalah panutan karena sangat peduli kepada masyarakat kecil terutama di desa-desa," tuturnya.

Peserta berhasil membuat produk sesuai dengan karakteristik yang diinginkan. Hasil tanggapan mereka menyatakan baru pertama kali mendapatkan pelatihan produk ikan olahan dan sangat tertarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bermanfaat

Salah satu peserta pelatihan Khairiah, 53, menyampaikan program UMKM Sahabat Sandi dapat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Dengan adanya pelatihan ini, ia dapat mengelola hasil olahan ikan.

"Tadinya ibu bingung kalau dapat ikan diapain, hari ini ada pelatihan kami para istri-istri nelayan diundang dikasih tau cara-caranya, dengan adanya program ini sangat bermanfaat untuk pemasukan kehidupan keluarga sehari-hari," ujar Khairiah.

Khairiah mengaku akan membuka usaha olahan ikan untuk membantu pendapatan suami. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno karena programnya tepat sasaran.

"Kedepannya setelah mengikuti pelatihan ini, saya berkeinginan membuka usaha untuk membantu suami biar anak-anak bisa terus sekolah. Terima kasih berkat program Pak Sandi saya jadi tahu cara mengelola ikan agar menambah pendapatan," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini