Sukses

Terkait Jokowisme, PSI Dinilai Cocok dengan Gibran

Saidiman menilai, partai pimpinan Giring Nidji itu sampai sekarang memang sangat setia dengan Jokowi. Dukungan PSI kepada Jokowi bukanlah hal baru.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terlihat hadir di KPU Kota Solo saat pendaftaran bakal caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Solo, pada Jumat (12/5). Gibran juga bersalaman dengan para pengurus, bacaleg, sejumlah kader hingga simpatisan PSI saat momen itu.

Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menjelaskan soal gagasan Jokowisme PSI apakah berkaitan dengan gestur Gibran. Menurutnya, PSI memang ada kecocokan dengan Gibran yang masih muda. Keduanya pun sama-sama penting untuk mengasosiakan diri.

"PSI adalah partai politik baru yang secara sadar menyasar kelompok pemilih muda. Ini cocok dengan sosok Gibran yang juga muda dan terlihat inovatif. Saya kira baik PSI maupun Gibran sama-sama penting untuk saling mengasosiasikan diri," kata Saidiman dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (16/5).

Soal Jokowisme PSI, Saidiman melanjutkan, bahwa Jokowi saat ini memang sangat populer. Menurutmya, tingkat kepuasan publik pada kinerja Jokowi sangat tinggi, di atas 75 persen bahkan 80 persen.

"Jokowi dinilai berhasil dalam banyak aspek pembangunan ekonomi. Karena itu banyak partai yang ingin mengasosiasikan diri dengan keberhasilan ini, salah satunya dengan membawa semangat Jokowi," terangnya.

Saidiman menilai, partai pimpinan Giring Nidji itu sampai sekarang memang sangat setia dengan Jokowi. Dukungan PSI kepada Jokowi bukanlah hal baru.

"Dan saya melihat PSI memang sejak awal menjadi partai loyalis Jokowi yang sangat konsisten, bukan sekarang ini saja, tapi sejak Pemilu 2019," kata Saidiman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gagasan Jokowisme Diunggah PSI

Gagasan Jokowisme diunggah PSI di akun media sosial mereka pada Jumat (12/5), dengan keterangan bahwa Jokowisme adalah sebuah paham progresivitas Indonesia menuju sebuah negara bangsa yang maju, berkeadilan dan berdaulat dalam makna yang sesungguhnya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini