Sukses

Polisi Belum Bisa Simpulkan Kebenaran Peristiwa Penembakan Habib Bahar Bin Smith

Polisi masih mencoba memastikan kebenaran dari peristiwa penembakan yang dialami Habib Bahar Bin Smith dengan melakukan penyelidikan lebih lanjut atas laporan yang dilayangkan Bahar.

Liputan6.com, Jakarta Polisi masih mencoba memastikan kebenaran dari peristiwa penembakan yang dialami Habib Bahar Bin Smith dengan melakukan penyelidikan lebih lanjut atas laporan yang dilayangkan Habib Bahar.

Sebagaimana laporan polisi yang dibuat ke Polsek Kemang, untuk selanjutnya ditangani ke Polres Bogor dengan nomor LP/--/B/V/2023/SPKT/POLSEK KEMANG/POLRES BOGOR/POLDA JABAR.

"Kita kan mendapatkan laporan itu. Korban sudah berobat ke rumah sakit. Kemudian yang kedua memang tidak ada saksi dari insiden itu. Semua informasi yang didapat dari keterangan awal akan kita lakukan penelusuran dulu," Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo saat dikonfirmasi, Senin (15/5/2023).

Di samping itu, lanjut Ibrahim, penyidik juga masih menunggu hasil visum untuk memastikan apakah luka pada bagian perut Bahar disebabkan dari tembakan yang diterimanya saat kejadian Jumat malam (12/5/2023).

"Dan juga visum belum keluar, makanya kita masih menunggu hasil visum sehingga belum bisa menentukan kira lukanya ini seperti apa dan penyebabnya seperti apa," kata dia.

Menurutnya, serangkaian proses penyelidikan yang dilakukan penyidik untuk memastikan peristiwa penembakan Habib Bahar masih dilakukan. Lantaran sejauh ini keterangan penembakan masih sebatas keterangan dari pelapor yakni Habib Bahar.

"Itu dia, belum ada dasar yang bisa kita gunakan untuk memberikan info. Jadi dasar-dasar kesimpulan itu kan harus jelas dan akuntabel. Ini dasarnya belum bisa dijadikan dasar memberikan kesimpulan (peristiwa penembakan)," kata Ibrahim.

Sehingga dasar penyelidikan yang dilakukan saat ini merupakan sebuah rangkaian umum yang dilaksanakan untuk menindaklanjuti setiap laporan. Dengan lebih dulu memastikan keterangan yang diperoleh apakah benar kejadiannya memang demikian.

"Nanti setelah kejadiannya bisa kita validasi baru kita melakukan penelusuran terkait peristiwa-peristiwa tambahan terkait peristiwa itu," ujar Ibrahim.

"Nah, itu yang belum bisa dipastikan. Karena korban itu datang sudah dalam keadaan diperban. Sedangkan polisi tidak berkompeten untuk memeriksa luka. Kita cuma berdasarkan keterangan korban saudara Bahar. Keterangan itulah yang akan kita dalami," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengacara Ungkap Kondisi Habib Bahar

Secara terpisah, pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuankotta, saat dikonfirmasi belum memberikan penjelasan secara rinci atas kronologi kejadian.

"Insya Allah nanti pada waktu kita akan infokan," kata Ichwan saat dikonfirmasi, Senin (15/5/2023).

Sehingga, Ichwan hanya bisa memastikan kondisi Habib Bahar Bin Smith hari ini dalam keadaan baik dan tengah berada di rumah usai insiden penembakan beberapa hari lalu.

"Habib sehat. Beliau di rumah," sebut Ichwan.

Dari informasi yang dihimpun, pimpinan Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Habib Bahar Bin Smith ditembak pada Jumat, 12 Mei 2023, antara pukul 08.00 atau 09.00 WIB.

Saat itu, Habib Bahar bin Smith sedang mengendarai mobil, lalu merasa ada yang aneh pada mobilnya. Habib Bahar kemudian memeriksa kondisi mesin mobilnya. Saat dia keluar mengecek mesin mobil, terjadilah penembakan.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.