Sukses

Sebelum Diterjunkan ke Papua, Prabowo Beri Wejangan pada Prajurit Kostrad di Bandung

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendampingi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto meninjau sekaligus memeriksa kesiapan operasi Yonif Para Raider 330/Tri Darma/17/1/Kostrad yang akan bertugas di Papua. Kegiatan dilakukan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mendampingi Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto meninjau sekaligus memeriksa kesiapan operasi Yonif Para Raider 330/Tri Darma/17/1/Kostrad yang akan bertugas di Papua. Kegiatan dilakukan di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/5/2023).

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan, Yonif 330/Tri Darma benar-benar siap melaksanakan tugasnya sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Mobile, yang akan diterjunkan di wilayah Papua.

Sebelum kedatangan Prabowo, Dudung lebih dulu menerima gambaran kesiapan operasi melalui paparan Danyonif PR 330/Tri Darma, Mayor Inf Dedy Pungky Irwanto.

Saat tiba di lokasi, Prabowo yang didampingi Kasad dan Pangkostrad memberikan arahan kepada prajurit. Ketika itu, ia merasa bangga kepada seluruh personel yang telah menunjukan semangat dan kesiapannya untuk melaksanakan tugas operasi.

Ia meminta seluruh prajurit dapat menjaga disiplin tempur, kewaspadaan, serta menjaga nama baik satuan dan TNI AD. Bahkan Prabowo menilai, Yonif PR 330/Tri Darma merupakan salah satu Batalyon terbaik kebanggaan TNI AD.

"Tugas di Papua tidaklah ringan. Dengan medan dan cuaca yang berat, kita butuh masukan dari pasukan yang terlatih. Pasukan yang punya kemampuan, punya naluri perang yang tinggi. Jangan mempermalukan korps kalian, dan terutama jagalah nama baik Yonif PR 330/Tri Darma," ujar Prabowo.

Ia menegaskan, Kemhan RI akan mendukung kebutuhan yang diperlukan seluruh prajurit yang akan bertugas di daerah operasi, baik material maupun alustistanya.

Sementara itu, Dudung menyampaikan beberapa penekanan. Diantaranya, agar para prajurit bersikap tulus dan ikhlas dalam melaksanakan tugas, jangan pernah ragu-ragu dalam bertindak, serta berupaya menyadarkan kelompok yang berseberangan dengan NKRI.

"Mereka juga saudara-saudara kita. Lakukan pembinaan teritorial, namun tetap harus waspada. Berikan pemahaman agar rakyat Papua mencintai kita, mencintai Indonesia," tegas pimpinan TNI AD itu.

Jenderal bintang empat ini juga berpesan agar para unsur komandan memastikan jangan sampai prajuritnya mengalami kesulitan, serta memastikan segala kebutuhan prajurit terpenuhi.

Sehingga, moril prajurit tinggi dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan bangsa dan negara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Selalu Waspada

Dalam kunjungan ini Prabowo turut memberikan arahan kepada seluruh personel Satgas Yonif PR 330/TD.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel untuk menjaga nama baik satuan dan nama baik TNI.

“Ketajaman dalam pertempuran saya percaya saudara sudah dilatih. Yang paling utama adalah disiplin, selanjutnya adalah kewaspadaan dan lebih baik waspada daripada kurang waspada,” kata Prabowo

Prabowo pun sempat mengenang masa lalu saat ia memimpin operasi pembebasan operasi di Mapenduma, dan mengingatkan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin bagi para prajurit.

“Kita butuh pasukan yang terlatih, pasukan yang punya kemampuan tinggi, pasukan yang punya naluri perang yang tinggi. Saya percaya dan yakin komandan batalyon telah menyiapkan. Masih ada waktu 1,5 bulan tolong dimanfaatkan dengan baik,” pesan Prabowo.

Prabowo juga menjelaskan pentingnya berlatih menembak reaksi dan membaca jejak. Menurutnya, baca jejak sangatlah penting.

Di akhir pengarahannya, Prabowo kembali menegaskan dan memberikan semangat kepada para prajurit yang akan bertugas untuk tidak gegabah dan sembrono dalam bereaksi.

“Ujungnya itu adalah nalurimu. Ujungnya adalah semangatmu. Keberanianmu. Ujungnya adalah kewaspadaanmu. Prajurit yang unggul adalah prajurit yang waspada,” tutup Prabowo.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • anglima Komando Strategis Angkatan Darat Letnan Jenderal Dudung Abdurachman, dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

    Dudung Abdurachman

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • KSAD

  • Papua

Video Terkini