Sukses

Tingkatkan Pelayanan, Kapolda Metro Sediakan Saluran Pengaduan Warga

Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto meminta kepada seluruh penyidik bertindak secara profesional.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto membuat sejumlah terobosan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Sejumlah arahan pun disampaikan kepada penyidik di wilayah hukum Polda Metro Jaya di Gedung BPMJ, Kamis (11/5/2023).

Karyoto menyampaikan keinginan membuat saluran pengaduan demi memfasilitasi masyarakat yang ingin mengaduan secara virtual. Ada satu nomor WhatsApp yang dibagikan kepada masyarakat dalam waktu dekat.

"Dalam satu dua hari ini akan kami luncurkan, dengan nomor WhatsApp saja satu, tidak banyak banyak, kalau banyak nanti kita pusing memfilter nya, hanya satu nanti kami akan lihat. Kami berupaya untuk menyelesaikan keluhan itu," kata dia kepada wartawan, Kamis (12/5/2023).

Karyoto mengatakan, hotline ditujukan kepada seluruh masyarakat yang pernah berperkara. "Atau masih ada keluhan," ujar dia.

Selain itu, Karyoto meminta kepada seluruh penyidik bertindak secara profesional. Artinya, perilaku dalam melayani masyarakat betul-betul sesuai dengan aturan.

"Disesuaikan dengan kode etik Polri maupun dengan hukum acara yang dijadikan pedoman dalam melakukan penyidikan," ujar Kapolda Metro Jaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Penyidik Mengatur Waktu dengan Baik

Dalam hal ini, komandan, para kepala baik unit, Kasubnit, kasat harus betul-betul melekat terhadap hal-hal yang sedang dilakukan proses penyidikan yang dilakukan penyidik.

"Saya menekankan mekanisme yang paling penting dalam proses penyidikan adalah gelar perkara. Ini sebagai wacana untuk mengevaluasi sampai sejauh mana proses penyelidikan maupun proses penyidikan yang sudah dilaksanakan," ujar dia.

Karyoto menyampaikan kepada anggotanya terkait komunikasi dan koordinasi dengan para JPU agar kepastian proses perkara bisa cepat dan tepat waktu.

"Karena beban penyidikan juga banyak sekali. Kami tekankan kepada penyidik agar bisa manage waktu dengan baik, manage perkara dengan baik, sehingga dalam waktu tertentu efisien bisa menyelesaikan perkara yang ditangani," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.