Sukses

Istana: Presiden Jokowi Tinjau Jalan Rusak di Lampung Pakai Mobil, Bukan Heli dan Sepeda Motor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meninjau jalan rusak yang ada di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Pihak Istana membantah Jokowi akan menggunakan helikopter dan sepeda motor ke lokasi peninjauan jalan rusak.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meninjau jalan rusak yang ada di Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Pihak Istana membantah Jokowi akan menggunakan helikopter dan sepeda motor ke lokasi peninjauan jalan rusak.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi bertolak ke lokasi jalan rusak dengan menggunakan mobil.

"Hanya menggunakan mobil. Tidak menggunakan helikopter dan tidak juga menggunakan sepeda motor," jelas Bey kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan kunjungan ke Lampung untuk mengecek jalan rusak yang viral di media sosial beberapa waktu lalu.

"Saya ingin memastikan, mau lihat betul apakah yang ada di video, apakah yang ada di media itu benar atau enggak bener," kata Jokowi di Sarinah Jakarta, Kamis (4/5/2023).

Menurut dia, pemerintah baru mengumpulkan data-data soal jalan-jalan rusak parah yang ada di kabupaten/kota maupun provinsi. Jokowi menyadari anggaran di provinsi dan kabupaten/kota hanya sedikit yang ditujukan untuk infrastruktur.

"Jadi kita baru mengumpulkan data-data jalan-jalan kabupaten dan kota, jalan-jalan provinsi yang rusak parah karena anggaran yang ada di provinsi maupun kabupaten/kota tidak banyak mengarahkan pada pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Jokowi menekankan pentingnya pembangunan jalan rusak di daerah. Sebab, jalanan yang rusak menganggu mobilitas orang dan barang sehingga membuat biaya logistik naik.

"Sehingga barang itu tidak bisa bersaing dengan provinsi lain daerah lain. Ini yang kita harus tau semuanya manfaat infrastruktur ada disitu (Lampung)," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalanan Rusak di Lampung Viral di Media Sosial

Rusaknya jalanan di Lampung, mulai mencuat viral usai seorang Tiktokers bernama Bima menyuarakan keresahannya akan kampung halamannya yang dirasa tidak pernah maju akibat jalan-jalan rusak yang terbengkalai dan tidak mendapat atensi pemerintah setempat.

Unggahan Bima pun mendapat respon positif dan membuat pemerintah Lampung membuka diri. Meski begitu, hal ini sempat menuai polemik sebab gubernur setempat merasa tidak nyaman dengan kritik Bima yang dinilai kurang menggunakan bahasa yang sopan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.