Sukses

Ganjar Pranowo hingga Najwa Shihab Jadi Kandidat Capres Partai Buruh

Empat tokoh masuk radar Partai Buruh untuk menjadi bakal calon presiden pada pemilu 2024 mendatang. Ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Partai Buruh Said Iqbal sampai wartawan senior Najwa Shihab.

Liputan6.com, Jakarta Empat tokoh masuk radar Partai Buruh untuk menjadi bakal calon presiden pada pemilu 2024 mendatang. Ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Presiden Partai Buruh Said Iqbal sampai wartawan senior Najwa Shihab.

Nama-nama itu merupakan rekomendasi dari kader Partai Buruh di seluruh Indonesia.

Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, mengatakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh yang dihadiri 38 provinsi dan 457 kabupaten/kota Januari 2023 lalu telah merekomendasi empat nama capres.

Ganjar Pranowo menduduki peringkat teratas. Disusul Said Iqbal, Anies Baswedan dan Najwa Shihab.

"Dalam Rakernas memang benar Ganjar nomor satu didukung 17 provinsi, Said Iqbal 14 provinsi, Anies Baswedan 4 provinsi dan Najwa Shihab 3 provinsi," kata Said Iqbal di Istora Senayan, Senin (1/5/2023).

Said Iqbal mengatakan, pihaknya akan membawa empat nama tersebut ke dalam Konvensi Partai Buruh dan Presidium Partai Buruh untuk menentukan figur yang laik didukung menjadi capres di pilpres 2024. Dalam hal ini mengandeng 10 guru besar dari kampus ternama.

Ada sekitar ratusan ribu bahkan jutaan kuesioner yang dibagikan kepada kaum buruh dan kaum marjinal di Indonesia. Hal ini guna menemukan sosok yang tepat untuk menjadi suksesor Joko Widodo.

Yang terpenting, kata Said Iqbal, calon presiden dari Partai Buruh menolak omnibus law dan membela kepentingan serta kesejahteraan rakyat.

Said Iqbal menegaskan, Partai Buruh tegas menolak berkoalisi dengan partai politik yang setuju dengan pengesahan Undang-Undang Omnibus Law.

"Bersabar, yang penting menangkan caleg. Sampaikan kepada buruh belum kita putuskan, ada tiga tahap calon presiden Partai Buruh. Tahap pertama, rakernas. Tahap kedua konvensi Partai Buruh capres dan cawapres. Dan tahap ketiga presidum," ujar Said Iqbal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Partai Buruh Deklarasi Orang Kecil Lawan Koalisi Besar

Kaum buruh resmi membentuk koalisi kecil untuk menghadapi pemilihan umum (pemilu) 2024 mendatang.

Pembentukan koalisi kecil diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023 di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Senin (1/5/2023).

"Dengan ini resmi menyatakan deklarasi orang kecil untuk melawan koalisi besar tentang capres-cawapres," kata Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam orasinya.

Said Iqbal mengatakan koalisi kecil akan melakukan safari ke seluruh provinsi di Indonesia. Tujuannya untuk menggalang dukungan masyarakat kecil.

"Habis May Day kita akan keliling Indonesia, galang koalisi orang kecil menjegal koalisi besar yang ingin menentukan calon-calon presiden yang enggak jelas itu tanpa bertanya pada rakyat," ujar Said.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.