Sukses

Datangi Markas PPP, Wiranto Serahkan Daftar Eks Kader Hanura Jadi Caleg Potensial

Sebelumnya, Juru Bicara DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan kehadiran Wiranto untuk silaturahmi sekaligus menyerahkan daftar nama potensial mantan kader Hanura untuk menjadi calon legislatif (caleg) PPP.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto mendatangi kantor DPP PPP untuk menyerahkan daftar calon anggota legislatif (caleg) potensial ke DPP PPP.

Wiranto tiba sekitar pukul 13.00 WIB dan disambut langsung Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono yang memberikan sorban PPP ke leher Wiranto.

Turut hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PPP Arwani Thomafi, Ketua Majelis Pertimbangan PPP M Rommahurmuziy dan jajaran DPP PPP lainnya.

Sebelumnya, Juru Bicara DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan kehadiran Wiranto untuk silaturahmi sekaligus menyerahkan daftar nama potensial mantan kader Hanura untuk menjadi calon legislatif (caleg) PPP.

"Pak Wiranto akan menyerahkan nama-nama potensial eks Hanura untuk maju sebagai caleg di PPP. Nantinya mereka akan dimasukkan dalam daftar long list caleg baik pusat maupun provinsi," kata Awiek.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Maju Capres 2024, Wiranto: Beliau Sudah Mumpuni

Di sisi lain, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sudah mumpuni menjadi calon presiden. Hal itu disampaikannya ketika menerima silaturahmi Prabowo di kediamannya, Jalan Bangka, Jakarta Selatan.

"Oh beliau (Prabowo) sudah mumpuni dong," kata Wiranto di kediamannya, Selasa, 25 April 2023.

Wiranto membeberkan sejumlah prinsip-prinsip dari seorang capres. Pertama harus punya pengalaman lengkap, setia terhadap NKRI, Pancasila, UUD 45 dan memahami betul isu domestik dan internasional.

"(Capres) harus mau dan mampu untuk melaksanakan itu ya. Mampu belum cukup, harus mau, kadang orang mampu tapi tidak mau, harus seperti itu," ujarnya.

Wiranto melanjutkan, capres juga harus bisa melanjutkan kesinambungan pembangunan yang telah dilakukan pemerintahan sekarang.

"Kemudian terpenting juga bisa untuk bersedia melanjutkan kesinambungan pembangunan negeri ini," kata dia.

3 dari 3 halaman

PPP Ajak PAN dan Golkar Dukung Ganjar, Mardiono: Bisa Jadi KIB Plus

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono menyatakan, pihaknya sudah berencana mengajak PAN dan Golkar yang merupakan bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Menurut Mardiono, KIB tidak akan bubar setelah partainya memutuskan mendukung Ganjar Pranowo di 2024, melaikan berpotensi membesar menjadi KIB Plus.

"Saya sebagai Plt aketua mengajak KIB untuk bersama dengan pilihannya dengan PPP. Kalau itu terjadi saya sampaikan itu namanya KIB plus ya," kata Mardiono di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Minggu (30/4/2023).

Meski demikian, Mardiono menyebut ajakan itu tidak bersifat memaksa. Ia menyebut setiap partai di KIB memiliki kedaulatannya masing-masing dan tidak saling mencampuri urusan internal partai lain.

"Bagaimana kalau itu berbeda? Ya itu keniscayaan dalam suatu perpolitikan nasional itu adalah keniscayaan politik. Negara kira adalah negara demokrasi yang kita punya hak untuk menentukan pilihan," kata Mardiono.

Dia mengklaim saat ini KIB tetap guyub dan solid dengan komitmen koalisi, kendati PPP lebih dulu menyatakan dukungannya terhadap Ganjar.

"Jadi tidak membatasi ruang itu dan sampai sekarang Alhamdulillah hasil pertemuan kami dengan KIB, KIB tetap solid, guyub, rukun. Nanti manakala pilihannya beda Alhamdulillah kalau beda ya semuanya untuk Indonesia," kata Mardiono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini