Sukses

H+1 Lebaran Idul Fitri 2023, Pemudik di Kampung Rambutan Didominasi Jarak Pendek

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, hari kedua perayaan Idul Fitri 2023 masih terpantau ramai akan pemudik yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan, hari kedua perayaan Idul Fitri 2023 masih terpantau ramai akan pemudik yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman.

Berdasarkan data yang dihimpun hingga pukul 11.00 WIB pada Minggu 23 April 2023, pemudik yang berangkat via Terminal Kampung Rambutan mencapai 325 penumpang. Yulza mengatakan, arus mudik pada H+1 lebaran didominasi jarak pendek antara lain wilayah Jawa Barat.

"Sampai jam 11 tadi tercatat sudah 325 penumpang dengan 17 bus yang berangkat pelbagai tujuan. Tapi H+1 didominasi untuk jarak dekat Tasik, Garut, Sumedang, Sukabumi. Dominasinya kayak gitu untuk H+1 lebaran," kata dia saat ditemui, Minggu (23/4/2023).

Yulza menerangkan, pemudik yang berangkat via Terminal Kampung Rambutan sudah mencapai puncak pada H-3 lebaran Idul Fitri 2023. Adapun, jumlah sebanyak 3.332 penumpang.

"H-3 tanggal 19 April 2023. Itu untuk puncak arus mudik," ujar dia.

Irsyad, pemudik dari Depok, Jawa Barat, salah satunya. Bersama istri dan tiga anak memilih pulang ke rumah mertua di Sumedang, Jawa Barat pada Minggu pagi ini atau H+1 Lebaran Idul Fitri 1444 H.

"Memang sudah jadi kebiasaan keluarga kami, mudik setiap H+1 Lebaran. Tahun kemarin H+1 juga," ujar Irsyad saat ditemui, Minggu (23/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Nyaman Gunakan

Irsyad mengaku lebih nyaman mudik menggunakan transportasi umum ketimbang mobil pribadi. Disamping tidak begitu lelah, Irsyad juga tak terbiasa berkendara jauh-jauh.

"Satu (alasan) kita juga gak capek. Saya juga suka ngantukan kalau bawa mobil jauh-jauh," ucap dia.

Menurut dia, jumlah penumpang yang berangkat pada H+1 lebaran tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Hal itu berdasarkan pengamatan di Terminal Kampung Rambutan.

"Tahun ini tidak padat- padat banget," jelas Irsyad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini