Sukses

Airlangga Beri Selamat ke Ganjar Pranowo, Tetap Percaya Diri Golkar Bisa Menang di Pemilu 2024

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berharap momen lebaran Idul Fitri 2023 ini bisa menjadi langkah partainya meraih kemenanganan dalam kontestasi politik lima tahunan di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berharap momen lebaran Idul Fitri 2023 ini bisa menjadi langkah partainya meraih kemenanganan dalam kontestasi politik lima tahunan di Pemilu 2024.

"Di bulan Idul Fitri kita bertekad meraih kemenangan, dalam Pemilu 2024" kata dia di Masjid Ainul Hikmah, Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Sabtu (22/4/2023).

Oleh karena itu, Airlangga meminta seluruh kadernya untuk menguatkan soliditas Partai Golkar dalam pemenangan pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden.

"Oleh karena itu kita tingkatkan soliditas untuk memenangkan di pemilihan legislatif maupun pilpres nantinya," kata dia.

Dengan kerja keras, Airlangga yakin partai berlogo pohon beringin itu bisa memenangkan Pemilu 2024. Dengan karya-karya positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga Allah dapat mengabulkan doa partai Golkar untuk 2024. Kita tingkatkan karya kita dan bagi Partai Golkar," tutur Menko Perekonomian ini.

Di sisi lain, Airlangga pun mengucapkan selamat atas terpilihnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai Capres di Pilpres 2024 yang sudah resmi diumumkan oleh PDIP.

"Ya pertama tentu selamat, karena PDIP sudah memutuskan," ungkap dia.

Meski demikian, Airlangga menegaskan partainya tetap akan menjalankan hasil Musyawarah Nasional (Munas) Golkar. Dimana, telah menetapkan dirinya untuk maju sebagai calon presiden.

"Kalau Golkar sudah diputuskan dalam munas yang lalu," tuturnya.

Sehingga, Airlangga menilai keputusan PDIP mengusung Ganjar sebagai Capres hanya bagian dari persiapan partai politik menjelang Pilpres 2024.

"Jadi ini hanya bagian dari masing- masing partai politik," katanya.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Resmi Usung Ganjar, PAN Segera Rapat dengan Golkar dan PPP

Partai Amanat Nasional (PAN) berencana segera menggelar rapat koordinasi bersama Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk membahas Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 setelah PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres).

Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi menyampaikan rapat itu bertujuan mematangkan rencana penetapan kebijakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yang terdiri atas PAN, Partai Golkar, dan PPP.

“PAN setelah berlebaran akan melakukan rapat koordinasi sekaligus silaturahmi Idul Fitri dengan Golkar dan PPP. Tujuannya untuk mematangkan rencana penetapan kebijakan KIB,” kata Viva Yoga Mauladi, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PAN, seperti dilansir Antara.

Dia mengatakan PAN siap bekerja sama dengan semua partai politik untuk mewujudkan pemilihan umum (pemilu) yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil), berkualitas, dan berintegritas.

“PAN akan selalu menjadi komponen yang terus memperkuat pilar demokrasi Indonesia,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Viva Yoga juga mengapresiasi pengumuman calon presiden yang cukup cepat dari PDIP.

“Ini tentu akan mempercepat proses terbentuknya pasangan calon melalui kerja sama partai politik, sesuai persyaratan presidential treshold (ambang batas pencalonan presiden) 20 persen kursi DPR RI sebagaimana diatur Pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017,” kata Juru Bicara PAN.

Dia menjelaskan pengumuman capres yang lebih cepat bermanfaat bagi demokrasi dan pendidikan politik masyarakat.

“Dengan pengumuman calon presiden dari awal, maka masyarakat akan menilai, memverifikasi, dan mendiskusikan sosok calon pemimpin bangsanya sebelum masuk ke bilik tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 nanti,” kata Wakil Ketua Umum PAN.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.