Sukses

Jelang Lebaran Idul Fitri 2023, Masih Banyak Pemudik Terlantar di Terminal Induk bekasi

Ratusan pemudik tujuan Pulau Sumatera dan Jawa Barat, hingga Rabu 19 April 2023 malam, masih menunggu kedatangan bus di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat, jelang perayaan Idul Fitri 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan pemudik tujuan Pulau Sumatera dan Jawa Barat, hingga Rabu 19 April 2023 malam, masih menunggu kedatangan bus di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat, jelang perayaan Idul Fitri 2023.

Disebut, keterlambatan ini disebabkan masih diberlakukannya one way atau satu arah di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek. Sehingga, bus yang hendak kembali ke Bekasi menjadi tak sesuai waktu.

Meski demikian, untuk mengurangi penumpukan penumpang yang sudah penat menunggu di terminal, pihak PO bus berinisiatif menambah armada bus bantuan untuk memberangkatkan pemudik ke daerah tujuan.

"Ya kita ada tambah armada untuk memberangkatkan penumpang. Banyak yang dari pagi sudah menunggu," kata Ahmad Ayi, pengurus PO Bus Primajasa.

Jumlah pemudik di Terminal Induk Kota Bekasi mulai melonjak lantaran sudah masuk libur Lebaran 2023. Rata-rata mereka merupakan pemudik dengan tujuan kota-kota besar di Pulau Sumatera dan Jawa Barat.

"Kepadatan (pemudik) sudah terjadi sejak kemarin, ya mungkin karena sudah banyak yang libur," ujar Ayi.

Menurutnya, ada kenaikan penumpang sebanyak 77 persen dibandingkan hari-hari sebelumnya. Pihaknya memprediksi puncak arus mudik masih akan berlangsung hingga Kamis (20/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sudah Sejak Rabu Terminal Induk Bekasi Dipadati Pemudik

Ratusan pemudik menumpuk di Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/4/2023). Penumpukan imbas dari kemacetan ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek yang menyebabkan bus terlambat sampai di terminal Induk Bekasi.

Pemudik yang terlantar mayoritas bertujuan kota-kota besar di Pulau Sumatera dan Jawa Barat. Mereka terpaksa menunggu berjam-jam, lantaran bus terlambat datang akibat terjebak macet.

Antrean penumpang juga terlihat di sejumlah agen penjualan tiket. Tak sedikit pula penumpang anak-anak yang ikut berpanas-panasan menunggu kedatangan bus mudik.

"Sudah hampir lima jam (menunggu bus), katanya kejebak macet di tol," kata Rika, pemudik tujuan Sumatera Selatan.

Menurutnya, sejak pagi tadi, pemudik dari berbagai daerah sudah mulai berdatangan ke Terminal Induk Kota Bekasi. Suasana terminal pun semakin disesaki pemudik yang tak kunjung diberangkatkan.

"Dari pagi sudah banyak yang datang. Sampai sekarang juga masih banyak yang belum berangkat," ujar Rika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini