Sukses

Antisipasi Lonjakan Pemudik, One Way dari Kalikangkung hingga Bawen Diberlakukan Mulai 18 April 2023

Penerapan sistem one way akan diawali dengan sterilisasi dua jam sebelumnya pada pukul 12.00 WIB. Kemudian pada pukul 14.00 WIB diberlakukan sistem one way mulai dari Gerbang Cikampek hingga Kalikangkung.

Liputan6.com, Jakarta Polda Jateng menyiapkan sejumlah skema pengaturan arus lalu lintas demi menjamin kelancaran arus mudik Lebaran 2023. Salah satunya dengan menerapkan sistem one way lokal yang rencananya dimulai pada hari Selasa, 18 April 2023 pukul 14.00 WIB.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Posko Terpadu GT Kalikangkung pada Senin, (17/4/2023).

"One way lokal akan disiapkan dari Gerbang Kalikangkung hingga Bawen," ujar Ahmad Luthfi.

Luthfi menerangkan, penerapan sistem one way akan diawali dengan sterilisasi dua jam sebelumnya pada pukul 12.00 WIB. Kemudian pada pukul 14.00 WIB diberlakukan sistem one way mulai dari Gerbang Cikampek hingga Kalikangkung.

"Pengemban fungsi lalu lintas sudah dilatih kembali, cara bertindak  dengan sterilisasi tiap dua jam saat diberlakukan one way kemudian mengeluarkan arus di daerah penyangga dari Krapyak Semarang sampai Brebes," ucap dia.

Luthfi mengatakan, pihaknya juga menyiapkan sejumlah ruas jalur arteri untuk menerima limpahan arus mudik di ruas jalan tol.

"Misal masih terjadi penumpukan di wilayah Kalikangkung, nanti diurai lewat gate Kaliwungu, Kaligawe, hingga sampai  Batang atau kalau perlu tarik arusnya sampai Bawen," terangnya

Dari hasil pengamatan sejak pagi hari ini, arus mudik 2023 belum meningkat secara signifikan. Angka tertinggi arus mudik terjadi pada Minggu, 16 April 2023 yang mana menyentuh angka kenaikan 42 persen. 

"Diprediksi peningkatan terjadi besok Selasa, 18 April 2023. Namun, arus dimungkinkan dapat dikendalikan dengan penerapan one way nasional ditambah one way lokal," ucap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Check Point untuk Pengendara Roda Dua

Mengenai pemudik roda dua yang masuk ke wilayah Jateng, Luthfi menyebut pihaknya menyiapkan sejumlah check point di perbatasan. Dari titik check poin tersebut para pemudik kemudian akan dikawal oleh petugas hingga ke daerah tujuan masing-masing.

Luthfi juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik agar memperhatikan kesiapan fisik kendaraan dan kebugaran pengemudi.

"Cek betul kondisi fisik kendaraan dan pastikan pengemudinya dalam kondisi fisik prima. Gunakan rest area sebagai tempat beristirahat seperlunya dan hindari beristirahat di bahu jalan tol," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.