Sukses

Agar Makin Aman, Baznas Siapkan Sekitar 20 Titik Pos Mudik di Jalur Utara dan Selatan

Badan Amil Zakat Nasional meluncurkan tim siaga pos mudik untuk membantu para pemudik dalam perjalanannya.

Liputan6.com, Jakarta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama dengan PT Jalin Pembayaran Nusantara dan PT Bank Aladin Syariah Tbk. berkolaborasi membangun tim siaga pos mudik di berbagai titik mudik. Hal itu didasari visi yang didorong Baznas, yakni membantu masyarakat dalam menjaga keamanan dan kenyaman saat perjalanan saat mudik lebaran tahun ini.

Posko yang dibangun dengan tujuan membantu masyarakat yang melaksanakan mudik ini akan mulai beroperasi tujuh hari sebelum dan setelah lebaran. Posko ini akan memberikan pelayanan berupa air bersih, pelayanan kesehatan, dan tempat istirahat bagi para pemudik.

Menurut Adam K Rumanda selaku Head of Corporate Communication & Affair PT Jalin Pembayaran Nusantara, pihaknya melakukan program kegiatan ini berdasarkan data korlantas pada 2022 yang melaporkan berbagai macam kecelakaan saat mudik lebaran. Adam menyatakan bahwa perusahaannya merasa penting memberikan kontribusi yang baik saat orang-orang melaksanakan mudik lebaran.

“Melihat dari data korlantas 2022 dengan berbagai kecelakaan yang terjadi, kami merasa penting untuk perusahaan memberikan kontribusi disaat terjadinya mudik lebaran,” ujar Adam saat pelepasan tim siaga pos mudik Baznas 2023, Senin (17/04/2023)

Dalam pernyataannya, Mayang Eka Putri selaku Direktur Keuangan PT Bank Aladin Syariah juga menambahkan bahwa pada tahun ini diperkirakan tingkat pemudik juga akan naik signifikan. Berdasarkan prediksi tersebut, Baznas akan membangun 20 titik sepanjang pulau jawa melalui jalur utara dan selatan, di dalam maupun di luar tol.

“Tradisi mudik ini memang sangat umum ya di Indonesia, apalagi diperkirakan tahun ini diperkirakan pemudik akan naik signifikan yaitu sebesar 25% yaitu sekitar 124 juta jiwa. Dengan pelayan mudik yang akan dibangun di 20 titik sepanjang pulau jawa melalui jalur utara dan selatan Bank Aladin Syariah berharap para pemudik dapat terjaga kesehatannya, aman perjalanan, dan dapat berlebaran di kampung halamannya dengan aman,” ujar Mayang Eka Putri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tegaskan Komitmen Bantu Para Pemudik

Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA selaku Ketua Baznas RI juga menegaskan komitmennya dalam membantu para pemudik dalam perjalannya. Noor Achmad menyatakan bahwa posko ini akan membantu masyarakat tanpa menerima imbalan apapun.

“Inilah yang bisa Baznas lakukan dalam kerja samanya, kami akan membantu para pemudik. Nanti ada QR pembayaran zakat tapi akan kami sembunyikan dulu, nggak kami langsung sodorkan untuk membahas soal pembayaran zakat. Kami hanya akan mengeluarkannya apabila memang ada yang menanyakannya,” ujar Prof. Dr. KH. Noor Achmad .

Dengan adanya kerja sama dalam pembangunan tim siaga pos mudik ini, Baznas berharap perjalanan mudik tahun ini, akan lebih aman walaupun jumlah pemudiknya diperkirakan naik cukup signifikan. Bagi Baznas, kolaborasi ini adalah salah satu bentuk kepedulian dan tolong menolong di tengah masyarakat. Baznas dan beberapa pihak yang bekerja sama selalu berupaya mendukung keamanan para pemudik, agar mereka sampai di kampung halaman dengan tenang dan nyaman.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.