Sukses

Presiden Jokowi dan Iriana Tiba di Hannover Jerman

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana beserta rombongan tiba di Bandara Hannover, Hannover, Jerman, pada Sabtu, 15 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Iriana Joko Widodo beserta rombongan tiba di Bandara Hannover, Hannover, Jerman, pada Sabtu, 15 April 2023, sekitar pukul 20.25 waktu setempat. Pesawat yang membawa rombongan Presiden Jokowi tiba setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 15 jam.

Berdasarkan keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno menyambut Jokowi di dalam pesawat. Kemudian Direktur Protokol Kementerian Luar Negeri Jerman Daniela Vogl mengantarkan Jokowi melalui tangga pesawat.

Di bawah tangga pesawat, tampak Kepala Protokol Negara Bagian Lower Saxony Matthias Woiwode, Istri Duta Besar RI untuk Jerman Sartika Oegroseno, dan Atase Pertahanan RI Kolonel Budi Wibowo beserta istri turut menyambut.

Selanjutnya, Jokowi beserta rombongan langsung menuju ke hotel tempatnya bermalam selama kunjungan di Hannover. Setibanya di sana, tampak menyambut yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang sudah tiba terlebih dahulu.

Di Hannover, Jokowi diagendakan untuk menghadiri Hannover Messe 2023. Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan bertemu dengan Kanselir Jerman, Olaf Scholz untuk melakukan pertemuan bilateral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jokowi Akan Buka Hanover Messe 2023 Bersama Kanselir Jerman

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Negara Iriana bertolak ke Hannover, Jerman, Sabtu (15/4/2023). Jokowi mengatakan, akan membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman, Olaf Scholz.

"Pagi hari ini saya Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju ke Hannover di Jerman," kata Jokowi dalam konferensi pers di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten, Sabtu (15/4/2023).

"Saya akan secara resmi membuka Hannover Messe bersama Kanselir Jerman," sambungnya.

Menurut dia, Indonesia menjadi negara mitra di Hannover Messe tahun 2023. Adapun tema yang diusung Indonesia dalam pameran industri terbesar di Eropa itu yakni, Making Indonesia 4.0.

"Indonesia adalah negara ASEAN pertama yang menjadi negara mitra resmi atau partner country," ujarnya.

Jokowi juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman. Selain itu, dia akan bertemu dengan beberapa pengusaha besar dari Jerman.

"Jerman adalah mitra dagang dan investasi penting di Eropa. Mitra dagang terbesar antara negara-negara Eropa dan investor terbesar keempat dari kawasan Eropa," jelas Jokowi.

Hannover Messe sendiri digelar pada 17 sampai 21 April 2023. Jokowi direncanakan kembali ke Indonesia pada Selasa, 18 April 2023.

"Dan saya akan tiba kembali di Jakarta Insya Allah tanggal 18 April," ucap Jokowi.

Sebelumnya, pada ajang bergengsi pameran teknologi industri terbesar dunia Hannover Messe 2023, Indonesia akan menampilkan berbagai kemampuan sektor manufaktur dalam penerapan teknologi Industri 4.0.

Selain itu, Indonesia juga akan mengusung isu yang sedang berkembang di dunia, termasuk yang terkait dengan implementasi energi hijau (green energy).

"Salah satu tema yang sangat terkait dengan isu green energy yang saat ini menjadi hot topic dalam wacana pembangunan industri yang berkelanjutan, yaitu sustainability and energy transition," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (Dirjen KPAII) Kementerian Perindustrian, Eko S.A. Cahyanto dari Hannover, Jerman, Jumat (14/4/2023). 2 dari 2 halaman

3 dari 3 halaman

Yang Akan Ditampilkan Indonesia di Hannover Messe 2023

Menurut Dirjen KPAII, dalam perhelatan Hannover Messe 2023, di Paviliun Indonesia akan digelar konferensi pada 18-20 April 2023.

"Indonesia akan menampilkan kebijakan yang telah dijalankan pemerintah dalam upaya mendukung proses transformasi dari convetional manufacturing system menuju green industry manufacturing systems," ungkapnya.

Saat konferensi nanti, akan menghadirkan enam tema utama, yang meliputi 'Strengthening Manufacturing Ecosystem by Accelerating Industry 4.0'; 'Investing in The New National Capital City'; Investing in The Manufacturing Sector'; 'Electric Vehicle Ecosystem'; dan 'Sustainability and Carbon Neutrality'; serta 'Investing Human Capital for Industrial Competitiveness'. Rangkaian konferensi ini menghadirkan para narasumber dari kalangan industri serta pejabat Pemerintah Indonesia.

Di samping itu, Indonesia akan memamerkan juga mengenai konsep pengembangan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mengusung konsep kota hijau sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No. 21 Tahun 2022.

"Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2023 juga diharapkan dapat meningkatkan peluang investasi dalam pengembangan IKN Nusantara dengan penerapan tiga konsep green energy," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa
    Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa

    Jerman