Sukses

Airlangga Hartarto: PSI Bakal Jadi Sister Party Partai Golkar

Airlangga menjelaskan PSI bakal bekerja sama dengan Partai Golkar dalam bidang perekrutan calon legislatif (caleg) DPR RI hingga DPR Kabupaten/Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, mengatakan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan menjadi sister party partainya. Dia menyebut pembahasan ihwal jadi sister party Partai Golkar dengan PSI sudah mendetail.

"Khusus dengan PSI tadi kami bicaranya sudah lebih detail, dimana PSI kami persiapkan dan ini sudah bicara dua pihak untuk menjadi sister party-nya Partai Golkar dan tentu nantinya akan ditindaklanjuti oleh Pak Sekjen, kedua sekjen," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Rabu (12/4/2023).

Airlangga menjelaskan PSI bakal bekerja sama dengan Partai Golkar dalam bidang perekrutan calon legislatif (caleg) DPR RI hingga DPR Kabupaten/Kota. Menurut Airlangga karena akan jadi sister party, komunikasi antar kedua parpol akan lebih intens.

"Teknisnya adalah tentu kerjasama di bidang perekrutan caleg DPR RI, DPR provinsi, DPR kabupaten/kota, dan tentu kita akan saling bertukar informasi," ungkap Ketum Golkar tersebut. 

Kedua, kedepannya Airlangga Hartarto berharap akan semakin banyak koalisi partai yang bisa menyamakan persepsi, ideologi, dan menyamakan visi maupun misi.

"Itu akan lebih baik dalam memproses peraturan perundang-undangan yang sangat diperlukan," kata dia.

Diketahui, Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan pengurus DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Nelly Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (12/4/2023).

Pantauan Liputan6.com, Ketua Umum PSI Giring Ganesha tiba pukul 11.00 WIB. Dia mengenakan jaket boomber berwarna merah khas PSI. Nampak Giring ditemani sejumlah jajaran DPP PSI, seperti Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

Rombongan langsung masuk ke Kantor DPP menemui Airlangga Hartarto. Hingga saat ini, pertemuan antar kedua partai politik (parpol) tengah berlangsung secara tertutup dari awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Elite PSI Temui Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Bahas Koalisi Besar

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie menyampaikan pertemuan dengan Golkar bakal membahas seputar rencana PSI bergabung dalam Koalisi Besar yang beranggotakan Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Gerindra dan PKB.

"Pokoknya besok yaa kita ketemu Golkar, besok aja. Pokoknya (bahas) seputar Koalisi Besar," kata Grace di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Selasa 11 April 2023.

Diketahui, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengumumkan akan masuk ke dalam Koalisi Besar di Pemilu 2024. Adapun koalisi besar masih merupakan wacana penggabungan antara Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

"Dengan bismillahirrahmanirrahim PSI tegak lurus masuk dalam koalisi tim Jokowi mulai hari ini,” kata di Kantor DPP PSI, Rabu (5/4/2023).

Giring menyebut alasan PSI masuk koalisi besar itu karena koalisi itu berisi partai-partai pendukung Presiden Joko Widodo.

"Capaian dari Pak Jokowi yang memang harus dijaga, ada pencapaian harus diteruskan, disempurnakan, dan juga kami pikir bahwa ini yang membuat dasar PSI bahwa kita harus membuat, menjalin komunikasi dan juga bersama-sama berkoalisi dengan partai politik memiliki arah perjuangan yang sama,” kata Giring.

3 dari 3 halaman

Saat Airlangga Bertemu Prabowo di Kemhan Jelang Buka Puasa

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto sempat pula menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Kantor Menteri Pertahanan, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/4/2023). Keduanya bertemu jelang waktu berbuka puasa tiba.

Momen pertemuan keduanya, diungkah akun Instagram @golkar.indonesia. Pada postingan itu, terlihat Prabowo mengenakan baju kemeja lengan panjang berwarna putih dengan bawahan celana panjang warna hitam. Sedangkan, Airlangga mengenakan baju batik lengan panjang warna biru dongker.

"Silaturahmi Ketua Umum DPP Partai Golkar, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketum Partai Gerindra menjelang waktu buka puasa, di Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/4/2024)," demikian tulis @golkar.indonesia.

Prabowo dan Airlangga disebut membahas berbagai isu saat pertemuan berlangsung termasuk swasembada pangan hingga soal pengembangan perekonomian dan pertahanan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Pertemuan kedua pimpinan partai politik membahas sejumlah isu antara lain, masalah swasembada pangan, pengembangan perekonomian dan pertahanan Ibu Kota Nusantara (IKN) dan menjaga aset pembangunan bapak Presiden Joko Widodo," kata dia.

Diketahui, Golkar juga tengah membangun komunikasi intens dengan koalisi Gerindra dan PKB. Bahkan muncul wacana Prabowo-Airlangga apabila Golkar memutuskan bergabung.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, poros Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan terus diperkuat. Salah satu upayanya komunikasi dengan Gerindra dan PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini