Sukses

Jelang Arus Mudik 2023, Jasamarga Perbaiki Jalan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek

PT Jasamarga Transjawa Tol (PT JTT) mengaku tengah memperbaiki jalan demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, salah satunya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Liputan6.com, Jakarta - Arus mudik lebaran 2023 semakin dekat. Pemerintah memprediksi, kloter pertama akan dimulai pada sore hari di tanggal 18 April 2023.

Menjawab hal itu, PT Jasamarga Transjawa Tol (PT JTT) mengaku tengah memperbaiki jalan demi meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan, salah satunya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Pekerjaan ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Badan Usaha Jalan Tol,” tulis Senior Manager Representative Office 1 PT JTT, Amri Sanusi melalui keterangan resminya, seperti dikutip Jumat (7/4/2023).

Amri pun merinci sejumlah lokasi pekerjaan yang akan dilakukan, seperti di Simpang Susun Cikunir Arah Cikampek Ruas Jalan Tol Jakarta - Cikampek dengan panjang penanganan 38 meter. Pengerjaan ini akan dilaksanakan pada nanti malam tepatnya pukul 22.00 WIB hingga Senin (10/4) pukul 06.00 WIB.

Senior Manager Representative Office 1 PT JTT Amri Sanusi menjelaskan, "Tidak ada penutupan akibat pekerjaan ini, Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal,” jelas Amri.

Amri menambahkan, pihaknya akan menyiapkan mitigasi risiko imbas dari adanya perbaikan jalan tersebut. Mulai dari pengalihan arus lalu-lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja, persiapan contra flow apabila kondisi lalu-lintas kendaraan padat.

“Kami juga berkoordinasi dengan Kepolisian Patroli Jalan Raya (PJR) dan PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dalam pengaturan lalu-lintas,” tutur dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi Rencana Pekerjaan

Amri menyatakan, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan Cikampek.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud,” dia menutup.

Sebagai informasi, pada momen lebaran 2023 akan ada 123 juta orang yang akan mudik. Bila dihitung per kendaraan, diprediksi sebanyak 22 persen warga akan mudik dengan mobil pribadi dan 20 persen menggunakan sepeda motor, sedangkan sisanya dengan transportasi umum seperti kereta, bus dan kapal.

Diketahui, Pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akan menambah sekaligus memajukan cuti bersama hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Cuti bersama Lebaran 2023 akan dimulai pada 19 hingga 25 April 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.