Sukses

Mudik Lebaran 2023, Polda Metro Siapkan Strategi Antisipasi Tindakan Kejahatan

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto memprediksi akan terjadi peningkatan arus mudik pada lebaran 2023. Aparat keamanan pun telah melakukan langkah antisipasi guna meminimalkan tindak pidana kejahatan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Karyoto memprediksi akan terjadi peningkatan arus mudik pada lebaran 2023. Aparat keamanan pun telah melakukan langkah antisipasi guna meminimalkan tindak pidana kejahatan.

Karyoto menyebut salah satu kejahatan yang mungkin terjadi adalah pencopetan.

"Terminal, stasiun kereta api sudah pasti ada peningkatan jumlah pemudik, ya tentunya antisipasi copet dan lain-lain di tempat-tempat, terminal bus juga sama, bandara juga sama, kita lihat eskalasi jumlah pemudik yang menggunakan transportasi itu," kata Karyoto kepada wartawan, Kamis (6/4/2023).

Karyoto menerangkan, intelijen tentunya telah memetakan dan menganalisis potensi tindak pidana kejahatan yang terjadi selama arus mudik. Menurut dia, nantinya yang menjadi fokus pengamanan antara lain titik keberangkatan pemudik.

"Makanya nanti intelijen punya tirta perkiraan anggaran, ancaman ancaman apa yang terjadi jelang warga masyarakat mudik ke daerah masing masing," ujar dia.

Di samping itu, peningkatan jumlah pemudik akan berbanding lurus dengan rumah-rumah yang ditinggalkan. Polri menggandeng kemananan lingkungan untuk mengintensifkan patroli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemudik Diimbau Titipkan Barang Berharga

Sementara itu, masyarakat yang mudik menggunakan transportasi umum diimbau untuk menitipkan barang-barang berharga baik itu kendaraan ataupun lainnya ke orang-orang terdekat.

Karyoto pun mengizinkan masyarakat memanfaatkan lapangan parkir di kantor polisi terdekat.

"Saya mengupayakan cari tempat penitipan yang berbayar murah misalnya, ada misalnya PT A punya space berapa bisa gak dititipkan barang barang masyarakat, tapi setidaknya kalo ada kantor polisi yang halamannya luas, silahkan lebih aman," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.