Sukses

Jokowi Lantik Dito Jadi Menpora, Ketum GM FKPPI Sandi: Kami Titipkan Masa Depan Pemuda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi sudah melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Senin (3/4/2023) di Istana Negara, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi sudah melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Senin (3/4/2023) di Istana Negara, Jakarta.

Ketua Umum Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan & Putra Putri TNI-Polri, Sandi Rahmat Simanjuntak mengucapkan selamat atasamanah baru yang diemban Dito yang juga merupakan Dewan Kehormatan GM FKPPI.

"Akhirnya Indonesia memiliki Menpora yang betul-betul pemuda dan betul-betul menguasai dunia olahraga," kata dia dalam keterangannya.

Wakil Ketua Umum DPP AMPI ini menegaskan, tak ragu akan kapasitas dan integritas Dito terhadap dunia kepemudaan dan dunia olahraga. Karena itu, dia menitipkan masa depan pemuda ditangannya.

"Saya meyakini betul kecintaan Dito terhadap dunia kepemudaan dan olahraga. Maka izin kami titipkan mimpi dan harapan atas masa depan pemuda dan olahraga pada Menpora Dito Ariotedjo," jelas Sandi.

Meski demikian, menurut dia, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Dito. Misalnya, melakukan sinergitas dan kolaborasi terhadap dunia kepemudaan dan olahraga.

"Ini momentum bagi seluruh anak bangsa untuk ikut turun tangan menyongsong masa depan pemuda dan masa depan olahraga," kata Sandi.

Diketahui, terhitung hari ini, Dito secara resmi telah menggantikan posisi Zainudin Amali yang mengundurkan diri untuk fokus menjadi Wakil Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora dilakukan bersama dengan pelantikan Komjen Rycko Amelza sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Boy Rafli Amar.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Dito Ariotedjo saat membacakan sumpah jabatan di Istana Negara Jakarta, Senin (3/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekam Jejak Menpora Baru

Mengutip rekam jejaknya, pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini lahir pada 25 September 1990 di Jakarta. Dito panggilan akrabnya mulai merambah dunia politik dengan menjadi kader Partai Golkar. Saat di Golkar, Dito terlibat dalam organisasi kepemudaan sayap partai, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI). Selama di AMPI, Dito sempat menjabat sebagai ketua umum.

Melihat latar pendidikannya, Dito adalah lulusan SMAN 6 Jakarta dan Fakultas Hukum Universita Indonesia (FHUI). Dunia kampus dijalani Dito dengan sibuk berorganisasi dan menjadi aktivis melalui jalur badan eksekutif mahasiswa (BEM) dengan mengemban tanggung jawab sebagai bendahara umum.

Didapuk sebagai Menpora, ternyata Dito mempunyai rekam jejak yang kental di bidang tersebut. Saat ini, Dito tercatat sebagai salah satu komisaris dari klub basket nasional RANS bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim.

Selain itu, Dito juga aktif berkarya pada bidang olahraga sebagai Ketua Umum Pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISS) Provinsi DKI Jakarta.

Sebelum ditunjuk jadi menteri, Dito dipercaya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Staf khususnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.