Sukses

Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya, Kejagung Siapkan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK

Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menyiapkan anggotanya untuk menduduki jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang ditinggalkan Karyoto lantaran diamanahkan posisi Kapolda Metro Jaya.

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Agung (Kejagung) tengah menyiapkan anggotanya untuk menduduki jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang ditinggalkan Karyoto lantaran diamanahkan posisi Kapolda Metro Jaya.

“Kejaksaan saat ini telah mempersiapkan anggotanya untuk menduduki Jabatan Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang selama ini diduduki oleh unsur Kepolisian Negara Republik Indonesia,” tutur Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana dalam keterangannya, Senin (3/4/2023).

Dia memastikan, pihaknya mempersiapkan jaksa-jaksa terbaik yang memiliki pengalaman terbagus, baik di Kejaksaan maupun KPK. Dengan begitu, diharapkan ke depannya ada keseimbangan komposisi jabatan yang dapat mendukung fungsi penindakan di lembaga antirasuah

“Kejaksaan menginginkan KPK juga dapat menjadi pendorong bagi penegak hukum yang lain dalam mengungkap kasus-kasus korupsi besar sebagaimana harapan dari masyarakat dan Ketua Dewan Pengawas (Dewas) KPK,” kata Ketut.

Diketahui, Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi Asep Guntur Rahayu diangkat menjadi Plt Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK. Asep menduduki posisi tersebut karena Irjen Karyoto sudah dilantik menjadi Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadil Imran.

"Informasi yang kami peroleh, betul Pak Asep Guntur R selaku Direktur Penyidikan sementara ini merangkap juga sebagai Plt Deputi Penindakan," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Sabtu (1/4/2023).

Ali mengatakan Asep akan menduduki dua jabatan tinggi di lembaga antirsuah itu hingga pihaknya melantik Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang baru. "Sampai nanti terpilih pejabat definitifnya," kata Ali.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karyoto Resmi Dilantik Jadi Kapolda Metro Jaya

Irjen Karyoto resmi menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya usai dilantik Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Ia menggantikan posisi Irjen Fadil Imran yang kini menjabat Kabaharkam Polri.

Usai dilantik, Karyoto mengaku bakal lebih dulu belajar dari Fadil Imran yang posisinya digantikan oleh dirinya.

"Nanti kita masih belajar dulu dari pejabat lama ya, makasih ya. Nanti kita banyak berkomunikasi," kata Karyoto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.