Sukses

Tinjau Permukiman di Kamal Muara, Heru Budi: InsyaAllah Banjir Rob Sudah Tidak Ada

Heru Budi turut mengecek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau proses pembangunan tanggul raksasa di daerah rawan banjir rob itu.

 

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau permukiman warga di Kamal Muara, Jakarta Utara, Selasa (28/3/2023). Dia turut mengecek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau proses pembangunan tanggul raksasa di daerah rawan banjir rob itu.

"Ada program NCICD tadi saya sudah tanyakan kepada tokoh masyarakat bahwa di sini Alhamdulillah sudah tidak banjir karena tanggul pantainya sudah mengelilingi, hampir mengelilingi jadi Insyaallah banjir dan rob di sini sudah tidak ada," kata Heru.

Tak hanya itu, Mantan Wali Kota Jakarta Utara (Jakut) ini juga menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Islam di Kamal Muara. Adapun MI tersebut dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi yang membantu pembangunan MI Nurul Islam.

Pantauan Liputan6.com, nampak hadir Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta, Afan Adriansyah Idris, serta jajaran pengurus dan donatur Yayasan Buddha Tzu Chi yang membantu pembangunan MI Nurul Islam.

Selain itu, Yayasan Buddha Tzu Chi juga membantu melakukan bedah rumah warga di sekitar MI yang dibangun, total sejauh ini terdapat 5 rumah yang selesai dibangun hingga tahap tiga dengan kondisi permanen.

"Ya program Yayasan Tzu Chi untuk bantu warga yang membutuhkan untuk melakukan rehab ataupun bedah rumah lah. Ada bedah rumah, nanti setelahnya bedah kampung, kira-kira seperti itu," kata Heru.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) ini menyampaikan bahwa program ini rencananya bakal diadakan secara terus-menerus. Dia menambahkan bahwa ke depan program yang sama akan dilaksanakan di wilayah lain di Jakarta.

"Terus menerus ya, sekarang nanti mungkin baru 5 ya, 20 tambah 5 dan terus bertambah lah, dan saya titip kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan," kata Heru Budi Hartono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Heru Budi Serah Terima Kunci

Pada kesempatan ini, Heru juga melakukan serah terima kunci rumah secara simbolis kepada warga yang rumahnya dibedah. Tak hanya itu, Heru juga meninjau masjid di Kamal Muara yang direhab Yayasan Buddha Tzu Chi.

"Hari ini kita melihat lokasi dan sekaligus memberikan bantuan bedah rumah dan melakukan rehabilitasi terhadap musala dan madrasah yang tadi sudah kita ketahui," kata Heru.

"Dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada para donatur, Yayasan Tzu Chi dan donatur lainnya yang telah membantu melakukan revitalisasi di Kamal Muara," lanjut Heru.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa pembangunan MI dan rehabilitasi ini merupakan program dari Yayasan Buddha Tzu Chi. Sehingga tidak ada sistem pengelolaan ataupun beban biaya yang dibebankan kepada warga karena rumah dibangun di lahan milik warga sendiri.

"Nanti Pemda apa bisa membangun sarana prasarana kayak tadi kan ada perbaikan rumah, perbaikan masjid kita masuk di saluran, kita masuk di mungkin tadi di jalan, sama juga mungkin air bersih kira-kira begitu bersinergi lah," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.