Sukses

Erick Thohir Dinilai Bisa Eksekusi dan Lanjutkan Kebijakan Jokowi

Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan mengatakan, peluang keterusungan Erick Thohir sebagai cawapres masih terbuka lebar.

Liputan6.com, Jakarta - Kinerja mentereng Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di pemerintahan dinilai membawa dampak elektoral jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Erick Thohir terus mendapat dukungan untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Direktur Eksekutif Populi Center Rafif Pamenang Imawan mengatakan, peluang keterusungan Erick Thohir sebagai cawapres masih terbuka lebar. Sejumlah kebijakan di Kementerian BUMN yang pro rakyat turut membuat citra Erick Thohir semakin positif di masyarakat.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Kementerian BUMN ini juga dinilai sebagai figur pemimpin yang bisa menerjemahkan kebijakan presiden. Karenanya, Erick Thohir dinilai bisa mengeksekusi dan melanjutkan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dia (Erick Thohir) punya kemampuan untuk mengeksekusi dan melanjutkan kebijakan presiden untuk ke depannya, dengan sosok Erick Thohir sebagai cawapres,” ujar Rafif dalam keterangan tertulis, Selasa (21/3/2023).

Kebijakan Erick Thohir yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat meliputi program Kredit Usaha Rakyat (KUR), Mekaar, Makmur, Sembrani Fund, Merah Putih Fund, Rumah BUMN, sampai dengan PaDi BUMN.

Lebih lanjut, dia menyebut, keterusungan Erick Thohir yang terus menguat juga terlihat dari kedekatannya dengan sejumlah partai politik (parpol). Erick Thohir menjadi salah satu figur yang kerap ikut dalam agenda internal parpol.

Bahkan tidak jarang Erick Thohir menjadi sosok yang sudah banyak diperkenalkan kepada para kader dan simpatisan partai. Seperti yang dilakukan elite Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

“Erick Thohir kuat di kalangan bisnis punya kemampuan men-deal-kan dengan banyak elite politik,” tutur Rafif.

Hal tersebut semakin menguatkan raihan elektabilitas Erick Thohir di bursa cawapres 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Masyarakat Dongkrak Elektabilitas Erick Thohir

Dukungan masyarakat baik melalui relawan maupun tokoh masyarakat juga turut meningkatkan laju elektabilitas Erick Thohir.

“Jangan lupa dilihat bagaimana suara dan pandangan masyarakat yang itu bisa dilihat dari survei dari waktu ke waktu,” terang Rafif.

Berdasarkan survei Populi Center periode 25 Januari - 2 Februari 2023, Erick Thohir merangsek masuk ke dalam daftar cawapres teratas. Erick Thohir berhasil mendapatkan raihan elektabilitas sebesar 8,8 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.