Sukses

Setujui Zainudin Amali Mundur dari Menpora, Jokowi: Surat Sudah di Setneg

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyetujui pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyetujui pengunduran diri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Zainudin Amali mundur dari kursi menteri sebab terpilih sebagai Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Sekretariat Negara (Setneg) dan saya tadi sudah menyetujui," kata Jokowi di Bali, seperti dikutip dari siaran daring, Senin (13/3/2023).

Soal pengganti, Jokowi belum mau ambil pusing. Namun dia berjanji akan segera memberi keputusan. Sebagai informasi, saat ini posisi Zainudin Amali diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) yaitu Menko Pembangunan Manusia dan Kebudyaan (PMK) Muhadjir Effendy.

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan, tapi sekarang sudah di Plt-kan, Plt-nya Menko PMK," jelas Jokowi.

Zainudin Amali resmi mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Menpora, karena ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Zainudin Amali pun menyerahkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi soal penggantinya di Kemenpora.

"Ya enggaklah (mengusulkan pengganti). Hak penggantinya adalah hak prerogatif Bapak Presiden," ucap Zainudin Amali saat ditemui di Kantor Kemensetneg, Jakarta, Kamis 9 Maret 2023.

Amali merupakan politikus Partai Golkar. Dia belum mengetahui apakah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sudah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi terkait pengganti dirinya sebagai Menpora.

"Enggak tahu itu komunikasi antara Pak Ketua Umum dan Pak presiden. Saya juga tidak menanyakan," ujarnya.

Kendati begitu, Amali mengakui dirinya beberapa kali berdiskusi dengan Airlangga Hartarto seputar pekerjaannya di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zainudin Amali Ungkap Alasan Mundur dari Menpora

Zainudin Amali menjelaskan alasannya mengundurkan diri dari jabatan Menpora pascamenjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Zainudin Amali menyebut tidak etis apabila sebagai Menpora, hanya berfokus pada satu cabang olahraga saja.

"Enggak etis bagi saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga mengurusi semua cabang olahraga, kok hanya berfokus pada satu cabang itu," kata Amali di Kantor Kemensetneg Jakarta, Kamis 9 Maret 2023.

Dia pun telah berbicara secara informal atau lisan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait alasan pengunduran dirii sebagai Menpora. Amali menyebut Jokowi mengizinkannya fokus mengurus PSSI.

"Akhirnya, saya minta izin Pak Presiden dan beliau izinkan," ucapnya.

Sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, Amali menuturkan dirinya memiliki tugas besar yakni, mengawal Inpres Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Aturan itu, kata dia, sedang dalam proses penyempurnaan.

"Jadi masih tetap di lingkungan olahraga tapi fokus ke salah satu cabang olahraga," ujar Amali.

Dia mengaku tak berat melepas jabatan Menpora sebab dirinya masih berurusan dengan dunia olahraga. Amali juga memiliki komitmen mengawal implementasi Inpres Nomor 3 tahun 2019.

"Tidaklah (berat) karena kan sudah punya komitmen untuk mengawal Inpres 3/2019. Itu kan masih ketemu-ketemu juga siapa tahu," tutur Zainudin Amali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.