Sukses

Resmikan Fasilitas Baru di Pura Agung Besakih, Jokowi Minta Dikelola dengan Baik

Jokowi yakin, fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih yang kini semakin baik akan menyedot datangnya umat dan pengunjung.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih di Karang Asem, Bali. Jokowi menyinggung soal merawat fasilitas negara menjadi lebih sulit ketimbang saat membangunnya.

"Membangun fasilitas yang bagus dan megah lebih mudah daripada mengelola dan merawat," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran daring, Senin (13/3/2023).

"Saya benar ingin titip agar fasilitas yang sudah dibangun pemerintah pusat dan pemerintah provinsi ini dengan dana yang sangat besar harus diikuti dengan pengelolaan yang baik, profesional, harus disiapkan manajemen dengan kompetensi yang baik," pesan Jokowi.

Jokowi ingin, hadirnya fasilitas negara juga dapat menjembatani antara kepentingan warga setempat agar semua pihak turut berkontribusi dalam menjaga kebaikan tempat ibadah umat Hindu tersebut.

"Sehingga (fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih) mampu menjembatani kepentingan yang ada, libatkan Desa Besakih dan Desa Adat Besakih, beri kesempatan masyatakat ikut berpartisipasi dan berkontribusi," kata dia.

Jokowi yakin, fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih yang kini semakin baik akan menyedot datangnya umat dan pengunjung. Oleh karena itu, dia ingin adanya penataan dan antisipasi lonjakan pendatang demi mengantisipasi kesemrawutan dan ketidaknyamanan umat yang ingin beribadah.

"Saya perintahkan ke Menteri PUPR untuk melakukan penataan bersama dengan gubernur Bali di Becingah dan Manikmas dengan membangun berbagai infrastruktur pendukung agar masyarakat semakin nyaman saat bersembahyang dan tetap terjaga kesuciannya," pungkas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi dan Ibu Negara Kunjungi Bali

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali pada Senin, (13/3/2023). Rombongan Kepala Negara tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali sekitar pukul 10.15 WITA.

Di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Presiden dan Ibu Iriana disambut oleh Gubernur Bali I Wayan Koster beserta istri, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra beserta istri, serta Danlanud I Gusti Ngurah Rai Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi beserta istri.

Rencananya, dari bandara, Presiden akan menuju Pura Agung Besakih di Kabupaten Karangasem untuk meninjau sekaligus meresmikan fasilitas kawasan suci Pura Agung Besakih.

Selanjutnya, Kepala Negara akan menuju Kota Denpasar untuk meninjau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu.

"Presiden juga diagendakan untuk meresmikan infrastruktur tersebut," tulis siaran pers resmi Kantor Sekretariat Presiden, Senin (13/3/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.