Sukses

Investor Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani Bakal Batal Beli Manchester United Jika Harga Kemahalan

Investor Qatar sekaligus bankir Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani ingin membeli klub Manchester United (MU) dengan harga yang tepat. Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani berniat beli MU dengan harga Rp 83,97 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Investor Qatar sekaligus bankir Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani akan meninggalkan tawaran mereka untuk membeli Manchester United jika harganya tidak tepat.

Dikutip dari Sky Sports, Sabtu (11/3/2023), Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani siap membeli dengan harga yang wajar tetapi dia tidak akan membayar lebih. Ada penerimaan umum, siapa pun yang membeli Manchester United hrus membayar lebih, tetapi itu tidak berarti Sheikh Jassim akan gegabah.

Pekan lalu, ayahnya Sheikh Hamad mempertanyakan penawaran untuk Manchester United dengan mengatakan tidak menyukai investasi. Sheikh Jassim ingin beli Manchester United dengan nilai 4,5 miliar poundsterling atau sekitar Rp 83,97 triliun (asumsi kurs rupiah 18.662 terhadap pound sterling). Namun, keluarga Glazer menawarkan pembelian Manchester United sebesar 6 miliar pound sterling atau sekitar Rp 111,97 triliun.

Sheikh Jassim berbagi filosofi investasi yang sama dengan ayahnya. Dia dulu menjalankan perusahaan investasi ayahnya dan keduanya digambarkan sebagai investor yang cerdas dan berhati-hati.

Sheikh Jassim telah diawari klub lain di masa lalu. Akan tetapi, ia hanya tertarik untuk membeli Manchester United. Ia hanya tertarik membeli 100 persen saham Manchester United. Ia tidak tertarik pada investasi minoritas.

Setidaknya tiga penawaran untuk Manchester United telah diundang ke Manchester United selama dua minggu ke depan untuk presentasi, pertemuan dan akses ke informasi keuangan terperinci tentang klub. Adapun delegasi yang mewakili Sheikh Jassim dan penawar terkemuka lainnya Sri Jim Ratcliffe diharapkan hadir di Old Trafford pekan depan.

Beberapa penawar telah mengharapkan untuk diberikan eksklusivitas pada tahap ini. Ada kekhawatiran Glazers mencoba menggunakan penawaran minoritas untuk menaikkan harga jual atau mereka tidak ingin menjual klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ada Hedge Fund Mau Beri Utang ke Investor Peminat Beli Manchester United

Sebelumnya, Hedge fund atau perusahaan investasi asal Amerika Serikat (AS), Elliott Investment Management dikabarkan menawarkan jasanya untuk mengawasi pembiayaan pengambilalihan Manchester United (MU).

Seperti diketahui, klub sepak bola asal Inggris tersebut sedang dalam penjualan dengan ketua salah satu bank terbesar Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan miliarder  Inggris Sir Jim Ratcliffe yang memasuki daftar calon pembeli.

Melansir laman The Athletic, Kamis (2/3/2023) Elliott dikabarkan telah menghubungi Raine, bank investasi yang menangani proses pengambilalihan, dan siap memberikan pembiayaan.

Perusahaan itu bahkan mengajukan proposal untuk kemungkinan pembiayaan kepada keluarga Glazer, yang sekarang masih menjadi pemilik MU, jika mereka tidak menjual klub tersebut, dan kepada Raine, sebagai penawar.

Namun ini bukan pertama kalian Elliott Investment Management menawarkan jasa pembiayaan untuk pengambilalihan klub sepak bola.

Tahun lalu, Elliott, yang dijalankan oleh Paul Singer menyelesaikan penjualan klub Serie A AC Milan senilai USD 1,2 miliar ke perusahaan ekuitas swasta Redbird.

Perusahaan itu juga sempat membantu membiayai pengambilalihan oleh pengusaha asal China Li Yonghong, yang kemudian gagal memenuhi pembayaran.

Sejak bulan November, eluarga Glazer mulai mencari investasi baru atau potensi penjualan Manchester United.

Selang beberapa waktu, Miliarder Ratcliffe dan perusahaan petrokimianya yakni Ineos mengkonfirmasi tawaran mereka untuk "kepemilikan mayoritas" Manchester United.

Ineos mengatakan ingin menjadikan klub MU tersebut sebagai "mercusuar untuk pendekatan kepemilikan yang modern, progresif, dan berpusat pada penggemar".

 

3 dari 3 halaman

Investor Qatar Ingin Beli Klub Sepak Bola Manchester United

Sebelumnya, seorang investor asal Qatar dilaporkan tengah menjajaki penawaran untuk membeli klub Liga Premier Inggris, Manchester United dalam beberapa hari mendatang.

Laporan ini datang dari outlet media bisnis dan ekonomi Bloomberg, mengutip sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut.

Melansir The Straits Times, Selasa (14/2/2023) laporan tersebut menyebutkan bahwa konsorsium akan mengajukan penawaran awal untuk Manchester United pada akhir pekan ini, dan pejabat dari Otoritas Olahraga Qatar membantu persiapan penawaran tersebut.

Sebelumnya, laporan surat kabar Inggris Daily Mail telah membahas investor asal Qatar yang berencana mengajukan tawaran besar untuk membeli klub Old Trafford.

Tetapi dikatakan dalam laporan tersebut bahwa investor ini bukan bagian dari Qatar Sports Investments, yang memiliki klub Prancis Paris Saint-Germain, dan akan berasal dari "dana individu", bukan dana kekayaan negara.

Sejauh ini, belum ada komentar dari Manchester United terkait pengajuan pembelian oleh investor dari Qatar.

Seperti diketahui, perusahaan Jim Ratcliffe, Ineos pada Januari 2023 secara resmi memasuki proses penawaran untuk membeli Manchester United setelah pemilik klub itu, yakni keluarga Glazer, mengatakan pada November 2022 bahwa mereka telah mulai melihat opsi termasuk investasi baru atau penjualan potensial.

Adam Sommerfeld, spesialis investasi olahraga di Certus Capital, memperkirakan bahwa setiap tawaran untuk pembelian Manchester United akan melebihi 4 miliar pound sterling. 

Angka itu disebut sebut sebagai salah satu kesepakatan biaya terbesar yang melibatkan waralaba olahraga.

Manchester United, yang dikelola oleh Erik ten Hag, berada di urutan ketiga di liga dengan 46 poin setelah 23 pertandingan, tertinggal dua poin dari Manchester City dan terpaut lima poin dari pemimpin klasemen Arsenal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.