Sukses

Anak Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono Jalani Kuliah UI dan Melbourne, Ini Besaran Uang Kuliahnya

PPATK sebelumnya melansir aset dan harta yang dimiliki Andhi Pramono termasuk rumah sangat mewah di kawasan Cibubur tercatat seharga Rp13,7 miliar.

Liputan6.com, Jakarta Netizen kembali menyoroti pejabat publik yang memiliki harta kekayaan yang dinilai tidak wajar, yakni Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono. Bahkan anaknya yakni AY diduga memiliki hidup glamour dan mengikuti program Kelas Khusus Internasional (KKI).

Ketua Program Kelas Khusus Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Isfandiarni mengatakan, AY merupakan mahasiswa UI yang mengikuti double degree KKI jurusan manajemen. Saat ini, AY menjalani studi di Melbourne University.

“Insya Allah akhir semester ini lulus karena memang program KKI itu kan, dua tahun di Indonesia, UI, dan dua tahun di luar negeri, yaitu di universitas mitra kami,” ujar Isfandiarni, kepada wartawan, Kamis (9/3/2023).

Isfandiarni menjelaskan, saat ini AY sedang menjalani kuliah semester delapan di Melbourne. AY apabila dinyatakan lulus maka akan mendapatkan dua gelar yang berasal dari dua kampus tersebut.

“Kalau akademik yang pasti dia IPK nya tinggi, mahasiswi ini kalau lancar mungkin bisa dapat predikat cumlaude,” jelas Isfandiarni.

Diketahui, AY saat akan berangkat mengikuti KKI di Melbourne, memiliki nilai IPK dari Universitas Indonesia mencapai 3,36. AY diketahui bertolak ke dari Universitas Indonesia ke Melbourne University pada Juli 2021.

“Dia berangkat Juli 2021, jadi sekarang dia disana sudah semester terakhir,” ucap Isfandiarni.

Persyaratan mengikuti KKI di University of Melbourne memiliki IPK minimal 3,2. Untuk mengikuti program KKI biaya uang pangkal sebesar Rp38 juta dan uang semester Rp30 juta.

“Jadi kalau di KKI dari awal memang kelas internasional, syaratnya minimum toefl 5,5, kemudian ujian masuk pakai Bahasa Inggris, memang dari awal melibatkan persyaratan internasional,” tegas Isfandiarni.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gaya Hidup Anak Kepala Bea Cukai Makassar

Sebelumnya, gaya hidup mewah Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono menjadi sorotan publik. Hal itu berawal dari unggahan viral di media sosial yang terkesan memamerkan kekayaan berupa rumah mewah Andhi Pramono. Yang bersangkutan pun akhirnya dipanggil ke Kemenkeu untuk dimintai klarifikasi.

"Sudah dipanggil ke pusat (Kemenkeu) untuk memberikan klarifikasi," ujar Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai (KWBC) Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel) Nugroho Wahyu Widodo.

Saat ditanyakan bagaimana dengan gaya hidup anaknya terlihat hedonis bahkan membeli pakaian mulai baju seharga Rp22 juta, celana panjang Rp1 jutaan hingga barang lainnya lalu memposting di media sosial. Kata Nugroho, anak Adhi Pramono bekerja sebagai selebritis Instagram atau selebgram.

"Setahu saya anaknya memang selebgram dapat uang dari endorse untuk produk," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) melansir aset dan harta yang dimiliki Andhi Pramono termasuk rumah sangat mewah di kawasan Cibubur tercatat sebesar Rp13,7 miliar.

Bahkan, dari penelusuran Laporan Harta Kekayaan dan Penyelenggara Negara (LHKPN), Andhi Pramono saat terakhir menyetorkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) per 16 Februari 2023 juga senilai Rp13,7 miliar. (Dicky Agung Prihanto)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.