Sukses

Mundur dari Menpora, Zainudin Amali Akan Temui Jokowi Senin Depan

Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), pasca terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Liputan6.com, Jakarta Zainudin Amali resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), pasca terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Surat pengunduran diri sudah diserahkan ke Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kamis (9/3/2023).

Amali mengatakan dirinya akan menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Senin, 13 Maret 2023, untuk berbicara soal pengunduran dirinya. Pasalnya, Jokowi saat ini sedang melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah.

"Memang saya harus ketemu Bapak Presiden, beliau sekarang tidak ada (di Jakarta), maka kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin akan bertemu dengan Pak Presiden," kata Zainudin Amali usai menyerahkan surat pengunduran diri di Kantor Kemensetneg Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Dia mengaku telah berbicara secara informal kepada Presiden Jokowi terkait pengunduran dirinya dari jabatan Menpora. Kepada Jokowi, Amali menyampaikan dirinya ingin fokus dan konsentrasi mengurus sepak bola di PSSI.

"Karena enggak etis bagi saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga mengurusi semua cabang olahraga kok hanya berfokus pada satu cabang itu. Akhirnya, saya minta izin Pak presiden," jelasnya.

Amali menyebut Presiden Jokowi telah mengizinkannya untuk fokus mengurus PSSI. Dia pun menunggu keputusan Presiden Jokowi terkait pengunduran dirinya dari Menpora.

"Tinggal tunggu saja, kan keputusannya ada di Bapak Presiden, bukan di saya," ucap Politisi Golkar itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Persilakan Zainudin Amali Fokus ke PSSI

Amali menuturkan Presiden Jokowi mempersilahkan dirinya mendampingi Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Wakil Ketua Umum II Ratu Tisha, untuk mengurus sepak bola di Indonesia. Jokowi tak mempermasalahkan keinginan Amali.

"Pokoknya saya sudah dapat izin dari bapak presiden untuk konsentrasi dan fokus ngurus sepakbola," tutur dia.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan Zainudin Amali sudah menyampaikan keinginannya mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), usai terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, Jokowi belum menerima surat pengunduran diri dari Amali secara resmi.

"Secara resmi belum, tertulis belum. Informal sudah," kata Jokowi usai meninjau Normalisasi Kali Ciliwung Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Dia belum mau berbicara soal Menpora pengganti Zainudin Amali. Hal itu, kata Jokowi, akan diputuskan setelah Zainudin Amali menyampaikan pengunduran diri secara resmi. "Gantinya nanti kalau sudah ada resminya baru saya bicara ya," ujar Jokowi.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.