Sukses

Infografis Desakan Pencarian Pesawat MH370 Pasca-Hilang Misterius 9 Tahun

Voice370 atau kelompok kerabat penumpang Malaysia Airlines MH370 berharap Ocean Infinity atau perusahaan eksplorasi dasar laut Amerika Serikat, memulai pencarian baru terhadap pesawat yang hilang misterius 9 tahun lalu itu. Paling tidak secepatnya pada musim panas ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sembilan tahun berlalu, namun hilangnya pesawat Malaysia Airlines bernomor penerbangan MH370 masih menjadi misteri. Bahkan, menjadi salah satu misteri terbesar dalam dunia penerbangan. Pesawat MH370 menghilang tanpa bekas di tengah perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China pada 8 Maret 2014.

Lantaran itulah, Voice370 atau kelompok kerabat penumpang Malaysia Airlines MH370 berharap Ocean Infinity atau perusahaan eksplorasi dasar laut Amerika Serikat, memulai pencarian baru terhadap pesawat yang hilang misterius 9 tahun lalu itu. Paling tidak secepatnya pada musim panas ini.

Mereka sekaligus mendesak pemerintah Malaysia menerima proposal apa pun dari Ocean Infinity dengan biaya bersyarat. Misalnya, perusahaan hanya akan dibayar jika berhasil.

"Ocean Infinity, selama 12 bulan terakhir membuat kemajuan nyata bekerja sama dengan banyak orang untuk lebih memahami peristiwa pada 2014," demikian pernyataan Voice370 di tengah peringatan hilangnya 9 Tahun Malaysia Airlines MH370, Minggu 5 MAret 2023.

Pada 2018, Malaysia memang melibatkan Ocean Infinity dalam proses pencarian pesawat di Samudra Hindia bagian selatan. Pemerintah berjanji akan membayar hingga USD 70 juta bila perusahaan tersebut berhasil menemukan bangkai pesawat.

Sebelumnya, Malaysia, China, dan Australia menghentikan upaya pencarian MH370 selama dua tahun yang sudah menghabiskan biaya USD 159 juta atau sekitar Rp 2,1 trilun pada Januari 2017.

Adapun dalam sebuah pesan kepada keluarga yang dibacakan pada peringatan tersebut, Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke bersumpah untuk tidak menutup kasus MH370. Ia menambahkan, proses pencarian bangkai pesawat sangat dimungkinkan untuk dilakukan kembali jika ada informasi baru dan kredibel atau lokasi potensial.

Bagaimana dengan 2 teori dugaan lokasi keberadaan pesawat MH370? Ada 3 tragedi pesawat hilang belum ditemukan seperti MH370, apa saja? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Desakan Pencarian Pesawat MH370 Pasca-Hilang Misterius 9 Tahun

3 dari 4 halaman

Infografis 2 Teori Dugaan Lokasi Keberadaan Pesawat MH370

4 dari 4 halaman

Infografis 3 Tragedi Pesawat Hilang Belum Ditemukan Seperti MH370

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.