Sukses

Masalah Utang Jadi Motif Pembunuhan 2 Wanita Dicor di Bekasi

Polres Metro Bekasi Kota mengungkap motif pembunuhan dua wanita yang jasadnya dicor di bawah tangga kediaman pria berinisial P di Jalan Nusantara, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Polres Metro Bekasi Kota mengungkap motif pembunuhan dua wanita yang jasadnya dicor di bawah tangga kediaman pria berinisial P di Jalan Nusantara, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Polisi menyebutkan motif pembunuhan dilatarbelakangi utang-piutang. P yang menjadi terduga pelaku, dikabarkan memiliki utang sebesar kurang lebih Rp100 juta yang belum dibayarkan kepada korban.

Karena tak mampu membayar, terduga pelaku nekat menghabisi nyawa kedua korban yang kala itu datang menagih.

"Motifnya utang piutang. Dijanjiin keuntungan, investasi bisnis besi, jadi kayak kirim besi gitu," kata Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari saat dikonfirmasi, Rabu (8/3/2023).

Erna menjelaskan, P yang merupakan karyawan di tempat penjualan besi, ikut berbisnis jual beli besi. P lalu mengajak korban Y untuk bergabung, dengan keuntungan bagi hasil.

"Y pernah minta duit ke suaminya untuk menyimpan dana di P, makanya suaminya mencoba ke situ (rumah P)," ujar Erna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tergiur Keuntungan

Karena tergiur untung yang cukup besar, Y lalu mengajak pula teman sekolahnya untuk ikut menanam modal di P. Masing-masing korban sempat diberikan hasil keuntungan sebesar Rp5 juta oleh P dari hasil investasi tersebut.

"Jadi ada juga duit dari teman SMP Y, ditarik oleh Y untuk disimpan ke P dan Y ini punya beban terhadap itu," ungkap Erna.

Meski begitu, saat ini pihak kepolisian masih menetapkan P sebagai terduga pelaku, mengingat ia juga ikut tewas akibat bunuh diri.

"Kalau pun toh nanti tersangka, dia P meninggal dunia. Di KUHAP itu meninggalnya tersangka pasti diterbitkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3)," jelas Erna.

Polisi juga belum bisa memastikan apakah korban mengalami kekerasan seksual, mengingat satu di antaranya ditemukan dalam kondisi tanpa pakaian dalam.

"Nah kalau untuk berpakaian dalamnya tidak ada, masih menunggu hasil lab. Korban disetubuhi atau tidaknya masih nunggu hasil lab," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Kronologi

Sebelumnya, dua jasad wanita inisial H (47) dan Y (28) ditemukan di dalam coran di sebuah rumah kontrakan di Jalan Nusantara, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Kedua jasad dicor dalam kondisi bertumpukan.

Selain kedua korban, juga terdapat pria inisial P yang merupakan pemilik rumah, terbaring dalam kondisi bersimbah darah akibat luka sayatan di pergelangan tangannya. P pun meninggal dunia saat hendak dilarikan ke rumah sakit.

Kasus ini terungkap dari suami korban yang mencari keberadaan sang istri yang menghilang usai pamit menghadiri pengajian. Dengan menggunakan GPS ponsel, suami Y mencari keberadaan korban yang diketahui mendatangi kediaman P.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.