Sukses

Jalan Alternatif Bogor-Sukabumi Ditutup, Pemotor yang Melintas Jalur Alternatif Harus Bayar Rp 2.000

Beredarnya video tersebut mencuri perhatian masyarakat khususnya pengendara roda dua. Mereka keberatan mengenai tarif tersebut saat melintas di jalur alternatif Bogor-Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta Beredar video sebuah banner pengendara roda dua diminta untuk membayar tarif jika melintas jalur alternatif Bogor-Sukabumi.

Dalam video tersebut pengendara yang hendak masuk melalui Kampung Cibolang, Desa Telukpinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, harus membayar Rp 2000 per motor.

Alasannya, tarif tersebut demi kenyamanan bersama. Uang dari hasil kutipan itu nantinya untuk biaya perawatan dan perbaikan jalan.

Beredarnya video tersebut mencuri perhatian masyarakat khususnya pengendara roda dua. Mereka keberatan mengenai tarif tersebut.

Menanggapi hal ini, Kapolsek Ciawi Kompol Agus Hidayat mengatakan sudah mendatangi lokasi yang dikenakan tarif untuk setiap pengendara roda dua yang melintasi jalan Kampung Cibolang.

"Memang benar ada pemasangan banner dilakukan oleh warga setempat dimana ada tulisan kendaraan yang melintas dikenakan tarif Rp 2000 per motor," kata Agus, Selasa (7/3/2023).

Namun, warga berkilah jika pengendara yang akan melintas dipaksa untuk membayar tarif yang nominalnya sudah ditentukan itu.

"Banner itu tujuannya untuk mengingatkan ataupun membantu pengendara yang melintas dan sifatnya tidak untuk memaksa," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banner Pemotor Dikenakan Tarif Dicopot

Namun begitu, dari hasil musyawarah dengan tokoh masyarakat setempat bahwa banner tersebut akhirnya dicopot.

"Mereka bersedia mengubah tulisan pada banner dengan kata-kata yang sifatnya tidak memaksa dan nantinya warga tetap bisa membantu pengendara yang melintas tanpa unsur pemaksaan," pungkasnya.

Diketahui, Jalan Raya Bogor-Sukabumi ditutup selama dua pekan, mulai Senin, 27 Februari 2023. Ini menyusul adanya pengerjaan jembatan bailey, tepatnya di Desa Bitungsari, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kendaraan berat dari arah Jakarta menuju Sukabumi dialihkan ke jalan Tol Bocimi. Sementara,  kendaraan roda empat dan dua dialihkan ke jalur Teluk Pinang-Tapos-Cikereteg. Atau melalui jalur Pamoyanan-Cijeruk-Cigombong.

3 dari 3 halaman

Diterjang Longsor, Jalur Alternatif Bogor-Sukabumi Putus Total

Sebelumnya, akses jalur alternatif yang menghubungkan wilayah Bogor dan Sukabumi terputus akibat longsor pada Senin pagi, 27 Februari 2023. 

Material longsor menimbun badan jalan tepatnya di Kampung Cilembar, Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Camat Cigombong, RE Irwan Soemantri mengatakan, longsor yang menutup badan jalan alternatif Bogor-Sukabumi ini terjadi sekitar pukul 03.00 WIB, saat wilayah tersebut diguyur hujan deras.

"Jalan lumpuh total akibat tertutup material longsoran pohon, tanah dan batu," kata Irwan.

Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat bencana alam tersebut, sebab pada saat kejadian lalu lintas kendaraan sedang dalam kondisi sepi.

"Tidak ada karena kejadiannya sekitar jam 3 pagi, ditambah hujan deras" kata Irwan.

Tak hanya menimbun badan jalan, longsoran juga menyeret tiang listrik. Beberapa rumah di sekitar lokasi juga turut terdampak longsor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.