Sukses

Hujan dengan Intensitas Tinggi, 4 Wilayah di Tangerang Banjir

Intensitas hujan yang tinggi dan angin kencang, membuat sejumlah wilayah di Tangerang banjir pada Senin (27/2/2023).

Liputan6.com, Jakarta Intensitas hujan yang tinggi dan angin kencang, membuat sejumlah wilayah di Tangerang banjir pada Senin (27/2/2023).

Dari pantaun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, terdapat 4 wilayah yang alami banjir akibat intensitas hujan yang tinggi sejak tiga hari terakhir.

"Ada tiga yang ketinggiannya 40 sampai 50 cm, yakni berada di Batu Ceper, Karang Tengah dan Benda. Juga beberapa ada di Petir dan Ciledug Indah," ungkap Kepala BPBD Kota Tangerang, Maryono Hasan, Senin (27/2/2023).

Menurutnya, seluruh petugas BPBD sudah dikerahkan ke beberapa titik yang terendam banjir. Untuk membantu mobilitas warga ataupun memantau bila mana terjadi peningkatan debit air.

Sebab hingga saat ini, yang terhambat adalah lalu lintas kendaraan yang lewat. Sehingga, menyebabkan lalu lintas macet di beberapa titik banjir tersebut.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Ruta Ireng Wicaksono mengungkapkan, debit hujan malam tadi cukup tinggi dengan waktu yang lama. Sejak malam, ratusan petugas DPUPR pun langsung diturunkan untuk melalukan antisipasi penanganan pencegahan banjir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Normalisasi Drainase

DPUPR Kota Tangerang, kata Ruta telah bergegas melakukan normalisasi sungai, saluran atau embung di 13 lokasi sepanjang 61,84 kilometer. Memastikan 27 pintu air dalam kondisi baik, begitu juga dengan pengoperasional 65 pompa banjir yang siap diaktifkan saat genangan naik menjadi banjir.

"Petugas gabungan juga diturunkan untuk menormalisasi drainase yang tersumbat sampah dan endapan lumpur. Tercatat pemeliharaan drainase dilakukan di 996 ruas dengan panjang 200,6 kilometer," ungkap Ruta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.