Sukses

Pemilu 2024: KIB Tunggu Momentum Tepat Umumkan Capres

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan capres dan cawapres yang diusung.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih menunggu momentum yang tepat untuk mengumumkan capres dan cawapres yang diusung di Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, pihaknya masih memonitor dan evaluasi bakal calon pilpres yang ada.

"Masih relatif lama pendaftaran paslon ke KPU, September 2023. Masih ada waktu untuk melalukan monitoring dan evaluasi atas bakal calon pilpres. Belum, masih menunggu momentum yang tepat," kata Viva lewat pesan kepada wartawan, Sabtu (18/2).

Menurutnya, masing-masing ketua umum di KIB berpotensi maju sebagai pasangan calon di pilpres 2024. Di PAN ada Zulkifli Hasan, Golkar Airlangga Hartarto, dan PPP Mardiono.

Viva menjelaskan, saat ini KIB belum menentukan secara resmi paslon yang akan diusung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahap

Kata dia, KIB mesti melalui tahap-tahap koalisi seperti menetapkan platform dan rencana program kerja yakni Program akselerasi dan transformasi ekonomi nasional (Paten).

"Maka sekarang dalam tahap pengusulan paslon oleh anggota KIB. Setelah diusulkan lalu akan dibahas di rapat KIB," kata Viva.

"Penetapan paslon akan ditentukan secara musyawarah mufakat, tidak voting. Siapa nama-nama paslon? Ya nanti setelah ada keputusan resmi KIB," pungkasnya.

Sumber: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.