Sukses

PT KAI Buka Lowongan Kerja, Simak Persyaratan hingga Prosedur Pendaftaran

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI diketahui saat ini sedang membuka lowongan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI diketahui saat ini sedang membuka lowongan kerja. Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini baru saja menginformasikan membuka lowongan pekerjaan yang diunggah pada Jumat 10 Februari 2023.

Ada pun, formasi yang dibuka adalah kebutuhan untuk pekerja formasi operasional dan kondektur untuk PT KAI. Melansir dari situs resminya, prioritas penempatan ini untuk kebutuhan kerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

"Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang)," mengutip dari recruitment.kai.id, Jumat 10 Februari 2023.

Hal senada juga disampaikan VP Public Relations KAI Joni Martinus. Menurutnya, lowongan kerja PT KAI tersebut untuk formasi Operasional dan Kondektur.

"KAI memberikan kesempatan kepada talenta-talenta terbaik bangsa untuk bergabung dan berkarir di KAI melalui rekrutmen ini," ujar , dikutip dari keterangan tertulis.

Bagi masyarakat yang ingin melamar dapat melakukan pendaftaran yang dibuka mulai Jumat 10 Februari sampai dengan Minggu 12 Februari 2023.

Kemudian, bagi masyarakat atau pun pendaftar, lowongan kerja tersebut bisa untuk lulusan SMA, D3, D4, dan S1 serta bisa mendaftar langsung secara online melalui situs resmi rekrutmen KAI.

KAI pun mengimbau agar masyarakat yang akan mendaftar lowongan kerja SMA hingga S1 tersebut mewaspadai terhadap segala jenis bentuk yang terindikasi penipuan dengan mengatasnamakan rekrutmen KAI, serta mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

"Rekrutmen KAI tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund, serta tidak bekerja sama dengan agen travel penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen ini," jelas Joni.

Berikut sederet hal terkait PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI membuka lowongan kerja terbaru dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Dibuka Untuk Formasi Operasional dan Kondektur

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI diketahui saat ini sedang membuka lowongan kerja. Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini baru saja menginformasikan membuka lowongan pekerjaan yang diunggah pada Jumat 10 Februari 2023.

Ada pun, formasi yang dibuka adalah kebutuhan untuk pekerja formasi operasional dan kondektur untuk PT KAI. Melansir dari situs resminya, prioritas penempatan ini untuk kebutuhan kerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

"Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang)," mengutip dari recruitment.kai.id, Jumat 10 Februari 2023.

Hal senada juga disampaikan VP Public Relations KAI Joni Martinus. Menurutnya, lowongan kerja PT KAI tersebut untuk formasi Operasional dan Kondektur.

"KAI memberikan kesempatan kepada talenta-talenta terbaik bangsa untuk bergabung dan berkarir di KAI melalui rekrutmen ini," ujar Joni dikutip dari keterangan tertulis.

 

3 dari 8 halaman

Syarat Pendaftar dan Pendidikan

Pendaftar bisa untuk lulusan SMA, D3, D4, dan S1 serta bisa mendaftar langsung secara online melalui situs resmi rekrutmen KAI. Kemudian juga lowongan pekerjaan ini ditutup hingga tanggal 12 Februari mendatang.

Lowongan ini diperuntukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI), berjenis kelamin pria, dan mempunyai tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan ideal. Ada pun usia pelamar per 1 Februari setiap lulusan mempunyai usia berbeda.

Minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulusan SMA, minimal 20 tahun dan maksimal 27 tahun untuk lulusan D3, serta minimal 21 tahun dan maksimal 30 tahun untuk lulusan D4/S1.

Lowongan eksternal PT KAI dibuka untuk tingkat pendidikan sebagai berikut :

- SLTA (SMA/MA jurusan IPA, IPS, dan Bahasa; SMK/MAK jurusan Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Komputer & Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, serta Perhotelan & Jasa Pariwisata)

- D3 (jurusan Manajemen Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Telekomunikasi, Perkeretaapian, Manajemen, Perhotelan/Pariwisata)

D4/S1 (jurusan Sistem Informasi, Teknik Elektro/Elektronika, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Telekomunikasi, Manajemen, Perhotelan/Pariwisata, dan Ilmu Komunikasi).

 

4 dari 8 halaman

Kriteria Pelamar

Melansir recruitment.kai.id, berikut adalah kriteria pelamar rekrutmen eksternal PT KAI :

- Warga Negara Indonesia (WNI)

- Jenis Kelamin Pria

- Sehat jasmani/rohani

- Memiliki Ijazah :

a. SLTA (SMK/MA/SMK/MAK) dengan nilai : Ujian Akhir Nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0. Khusus untuk SLTA (SMA/MA/SMK/MAK) yang lulus mulai tahun 2020 dan setelahnya, menggunakan nilai ujian sekolah rata-rata minimal 7,0 atau 70

b. D3 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "Baik Sekali (B)" dari BAN-PT

c. D4/S1 dengan IPK minimal 3,0 dan akreditasi jurusan/program studi pada saat tanggal kelulusan minimal "Unggul (A)" dari BAN-PT.

- Usia pelamar per 01 Februari 2023 :

1. Tingkat Pendidikan SLTA serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 25 tahun

2. Tingkat Pendidikan D3 serendah-rendahnya 20 tahun dan setinggi-tingginya 27 tahun

3. Tingkat Pendidikan D4/S1 serendah-rendahnya 21 tahun dan setinggi-tingginya 30 tahun.

- Memiliki tinggi badan minimal 163 cm

- Berkelakuan baik

- Tidak bertato dan tidak bertindik

- Tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika

- Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap

- Tidak pernah diberhentikan di anak perusahaan atau institusi lainnya dikarenakan hukuman disiplin atau diberhentikan dengan tidak hormat

- Tidak memiliki hubungan perkawinan dengan pekerja perusahaan pada saat diterima sebagai pekerja perusahaan

- Bersedia mengikuti seleksi rekrutmen sesuai ketentuan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero)

- Lulus dalam seleksi calon pekerja baru yang diselenggarakan oleh panitia rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero).

 

5 dari 8 halaman

Dokumen Pelamar yang Diperlukan

Berikut ini dokumen yang harus dipersiapkan pelamar:

1. Pas foto terbaru.

2. Ijazah SLTA/D3/D4/S1 asli atau fotocopy legalisir.

3. Transkrip nilai untuk tingkat pendidikan SLTA menggunakan SKHUN atau fotocopy legalisir. Khusus untuk SLTA yang lulus mulai tahun 2020 dan setelahnya menggunakan nilai ujian sekolah pada bagian belakang ijazah.

4. Transkrip nilai untuk D3/D4/S1 menggunakan asli atau fotocopy legalisasi.

5. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan Kependudukan yang masih berlaku.

6. Akreditasi jurusan program studi D3/D4/S1 ketika tanggal kelulusan.

7. Untuk pelamar tingkat pendidikan D3 dan D4/S1 wajib melampirkan ijazah SLTA (SMK/MA/SMK/MAK).

8. Untuk pelamar tingkat pendidikan D3 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal TOEFL ITP 400, TOEFL PBT/iBT 32, TOEIC 345, dan IELTS 4,5.

9. Untuk pelamar tingkat pendidikan D4/S1 wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal TOEFL ITP 500, TOEFL PBT/iBT 61, TOEIC 500, dan IELTS 5,5.

10. Untuk pelamar khusus formasi SLTA kondektur wajib melampirkan sertifikat bahasa inggris yang masih berlaku dari lembaga pendidikan bahasa terakreditasi dengan skor minimal TOEFL ITP 350, TOEFL PBT/iBT 20, TOEIC 260, dan IELTS 2,5.

Lebih jelasnya lagi Anda bisa melihatnya secara detail melalui situs rekrutmen resmi dari PT KAI yaitu recruitment.kai.id.

 

6 dari 8 halaman

Ketentuan Khusus Pelamar

Berikut ketentuan khusus pelamar:

1. Prioritas penempatan untuk memenuhi kebutuhan pekerja di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang)

2. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja PT Kereta Api Indonesia (Persero)

3. Bersedia ditempatkan atau dialihkan pada formasi sesuai kebutuhan dan aturan yang berlaku di PT Kereta Api Indonesia (Persero)

4. Penetapan formasi pekerjaan didasarkan pada hasil seleksi rekrutmen masing-masing pelamar dan kebutuhan perusahaan

5. Pemilihan lokasi seleksi tidak menentukan lokasi penempatan kerja

6. Bersedia mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan institusi lainnya apabila telah memenuhi persyaratan dan dinyatakan lulus seleksi.

 

7 dari 8 halaman

Tahapan Seleksi 

Tahap 1 : Seleksi Administrasi

Tahap 2 : Seleksi Kesehatan Awal

Tahap 3 : Seleksi Psikologi

Tahap 4 : Seleksi Wawancara

Tahap 5 : Seleksi Kesehatan Akhir 

Rencana Pengumuman Seleksi Administrasi

Pelamar yang lulus seleksi tahap 1 (Seleksi Administrasi) berhak mengikuti seleksi tahap 2 (Seleksi Kesehatan Awal) yang rencana akan diumumkan pada tanggal 24 Februari 2023 melalui website https://recruitment.kai.id. 

 

8 dari 8 halaman

Prosedur Registrasi dan Apply

1. Bagi calon pelamar yang berminat mengikuti rekrut sesuai formasi yang ditawarkan, wajib melakukan proses apply pada akun masing-masing mulai tanggal 10 s.d. 12 Februari 2023 dan hanya bisa mengikuti 1 (satu) event rekrut saja.

2. Bagi calon pelamar yang sudah melakukan upload dan melengkapi data, tetapi tidak melakukan proses apply di akunnya pada tanggal 10 sampai 12 Februari 2023, maka dianggap tidak mengikuti kegiatan rekrut ini.

3. Baca seluruh informasi dan prosedur pelaksanaan rekrut serta Buku Panduan Rekrutmen Online yang dapat didownload pada menu PANDUAN > Panduan > Panduan Registrasi dan Apply Lowongan > “DOWNLOAD BUKU PANDUAN”.

4. Calon pelamar yang belum memiliki akun, terlebih dahulu melakukan registrasi dan upload dokumen sesuai persyaratan lamaran.

5. Calon pelamar wajib memastikan bahwa email yang digunakan pada saat registrasi adalah email aktif dan data yang diinput harus sesuai identitas diri seperti KTP, Ijazah, dll serta tidak melakukan perubahan data/dokumen setelah melakukan apply sampai proses rekrutmen selesai.

6. Calon pelamar yang sudah memiliki akun di website https://recruitment.kai.id harus memastikan bahwa dokumen persyaratan lamaran sudah diupload di akun pelamar yang ada di website.

7. Lokasi Seleksi berdasarkan pemilihan lokasi daerah (Daop 1 Jakarta, Daop 2 Bandung, Daop 3 Cirebon, Daop 4 Semarang, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiun, Daop 8 Surabaya, Daop 9 Jember, Divre I Sumatera Utara, Divre II Sumatera Barat, Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang) oleh pelamar pada saat melakukan apply (pendaftaran) dan sesuai kebijakan Panitia Rekrutmen.

8. Seluruh informasi mengenai rekrutmen hanya dapat dilihat melalui website resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan alamat : https://recruitment.kai.id.

9. Kepada peserta agar melakukan pengecekan secara berkala di website resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) : https://recruitment.kai.id.

10 Keluhan, pengaduan dan informasi mengenai rekrutmen dialamatkan kepada Contact Center 121 / (021) 121.

11. Rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund, tidak bekerjasama dengan agen travel/transportasi atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen dan dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

12. Masyarakat dimohon untuk berhati-hati terhadap informasi yang tidak benar terkait rekrutmen PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan agar mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.

13. Seleksi penerimaan pekerja menggunakan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.