Sukses

Top 3 News: Klarifikasi Gibran soal Kabar Dirinya Ditangkap di Masjid Nabawi

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka angkat bicara soal kabar dirinya ditangkap di Masjid Nabawi lantaran membentangkan bendera Partai Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang angkat bicara soal kabar dirinya ditangkap di Masjid Nabawi lantaran membentangkan bendera partai.

Klarifikasi tersebut disampaikan Gibran melalui akun sosial media Twitter miliknya @gibran_tweet. Wali Kota Solo ini mengklarifikasi bahwa Gibran yang dimaksud di berita itu bukan dirinya.

Tetapi, lanjut dia, sosok itu adalah Gibran putra Ketua DPRD Karawang yang membentangkan bendera Partai Demokrat di Masjid Nabawi.

Kemudian, Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng pidana penjara seumur hidup. Selain itu, Surya Darmadi juga dituntut membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengapresiasi. Dia meyakini hukuman itu setimpal dengan yang pelanggaran yang diperbuatnya.

Mahfud menjelaskan, pelanggaran dilakukan Surya Darmadi adalah dengan telah menyalahi aturan izin usaha pertambangan (IUP) yang dilakukan tidak prosedural sebab menyuap gubernur.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait gempa Jayapura yang terjadi pukul 13:28:02 WIB pada Kamis 9 Februari 2023. Lindu tersebut dilaporkan Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki kekuatan magnitudo 5,4.

Laman BMKG menyebutkan, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2 dan tidak berpotensi tsunami. Akibat gempa tersebut sejumlah bangunan di Kota Jayapura dilaporkan rusak.

Menurut Kepala Bidang Gempa dan Tsunami BMKG Daryono, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Jayapura yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 10 Februari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Gibran Klarifikasi Kabar Ditangkap di Arab Saudi: Bukan Saya, Itu Putra Ketua DPRD

Putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menegaskan bukan dirinya sosok Gibran yang disebut telah ditangkap di Masjid Nabawi lantaran membentangkan bendera Partai Demokrat. Hal itu disampaikannya melalui akun Twitter pribadinya.

Mohon izinkan saya untuk klarifikasi mengenai pemberitaan di beberapa media. Melalui postingan ini, ingin mengklarifikasi bahwa Gibran yang dimaksud di berita itu bukan saya melainkan Gibran putra Ketua DPRD Karawang yang membentangkan bendera @PDemokrat di Masjid Nabawi,” tutur Gibran sepeti dikutip Liputan6.com, Jumat 10 Februari 2023.

Gibran memberikan pernyataan tersebut sambil menggunggah sejumlah tangkapan layar pemberitaan online yang menggunakan nama Gibran sebagai judul.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Surya Darmadi Dituntut Seumur Hidup, Mahfud Md: Dia Mencaplok Tanah Negara dan Nikmati Untungnya Berpuluh Tahun

Jaksa penuntut umum (JPU) menuntut Bos PT Duta Palma Group Surya Darmadi alias Apeng pidana penjara seumur hidup. Selain itu, Surya Darmadi juga dituntut membayar denda sebesar Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan.

Menanggapi hal itu, Menko Polhukam Mahfud Md mengapresiasi. Dia meyakini hukuman itu setimpal dengan yang pelanggaran yang diperbuatnya.  

“Bagus bagus karana Surya Darmadi itu merugikan keuangan dan perekonomian negara. Merugikan keuangan negara itu korupsi dalam pidana biasa ancaman 20 tahun tapi merigakan perekonomian negara bisa hukuman mati atau seumur hidup,” kata Mahfud kepada awak media, Jumat 10 Februari 2023.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Delapan Fakta Gempa Jayapura yang Mengguncang pada Kamis Siang 9 Februari 2023

Gempa Jayapura terjadi pukul 13:28:02 WIB pada Kamis 9 Februari 2023. Lindu tersebut dilaporkan Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki kekuatan magnitudo 5,4.

Laman BMKG menyebutkan, gempa ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2 dan tidak berpotensi tsunami. Akibat gempa tersebut sejumlah bangunan di Kota Jayapura dilaporkan rusak.

"Dilaporkan ada kerusakan pada beberapa bangunan di Jayapura," ujar Kepala Bidang Gempa dan Tsunami BMKG Daryono, Kamis 9 Februari 2023.

Daryono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Jayapura yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," ucap dia.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.