Sukses

Momen Banser Berburu Baju Anak di Puncak Resepsi 1 Abad NU

Puncak acara Resepsi 1 Abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur digelar selama 24 jam nonstop dengan dibagi menjadi 5 sesi.

Liputan6.com, Sidoarjo - Sebanyak 12 ribu anggota Banser memadati Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur dalam rangka merayakan Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU). Momentum itu pun digunakan untuk beragam hal kemeriahan, termasuk berburu baju anak.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (7/2/2023) sore, para anggota Banser mulai keluar dari lapangan Stadion Delta Sidoarjo usai merayakan Puncak Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Mereka perlahan-lahan melewati gerbang kecil di Pintu 10 dan langsung berhadapan dengan stand Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Satu per satu pun langsung mendekati para penjual sesuai dengan minatnya, seperti batu akik, souvenir, hingga sektor pakaian.

Salah seorang anggota Banser dari Kabupaten Lampung tampak memilih-milih baju anak. Tertulis harga obral murah Rp100 ribu untuk lima potong baju. Pria yang mengaku akrab disapa Amar itu ingat anak meski jauh-jauh datang ke Sidoarjo.

“Masih 4 tahun, ditinggal sebentar untuk hadir ke 1 Abad NU,” tuturnya sambil memilih pakaian untuk anak laki-lakinya.

Anggota Banser Ansor berburu baju anak di sela acara Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. (Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

Di sampingnya juga ada anggota Banser lainnya yang turut berbelanja pakaian. Bahkan, penjual jas ikut kecipratan rejeki dari menjajakan dagangan di sekitar stadion.

Salah seorang pedagang pakaian dan tas, Muslih mengaku keuntungan yang didapat sudah lumayan meski baru membuka stand pukul 10.00 WIB.

“Lumayan, hari biasa ya jarang segini. Ada Rp500 ribu sekian,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resepsi 1 Abad NU Digelar 24 Jam Nonstop

Diketahui, puncak resepsi satu Abad NU akan digelar selama 24 jam nonstop mulai pukul 00.00 hingga 23.59 WIB yang terbagi menjadi lima sesi.

Pertama, sesi ritual keagamaan NU, mulai dari istighotsah, zikir, shalat subuh berjamaah hingga shalawatan, yang akan dimulai pada pukul 00.00-07.30 WIB.

Kedua, sesi resepsi yang akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo bersama para menteri kabinet Indonesia Maju dan ulama Islam sedunia pada pukul 07.00-11.00 WIB. Sesi ini bakal diisi dengan pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai pertanda memasuki abad kedua NU.

Ketiga, sesi Karnaval Nusantara dengan iringan penampilan kolosal ribuan Banser diikuti tarian sufi dan tarian-tarian Nusantara, start dari Alun-alun Sidoarjo dan finish di Parkir Timur Stadion Gelora Delta. Sesi ini berlangsung pukul 14.00-17.30 WIB.

Keempat, sesi panggung hiburan rakyat di dalam Stadion Gelora Delta yang akan diisi oleh penampil, antara lain adalah Penyanyi berdarah Lebanon Maher Zain, Grup Band Slank, dan Rhoma Irama. Sesi ini akan dilangsungkan pukul 18.00-23.00 WIB.

Kelima, segmen bazar UMKM dan Kuliner Nusantara yang berlangsung sepanjang hari di area parkir timur Stadion Delta Sidoarjo dan enam lokasi lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.