Sukses

Heboh Video Tentara China di Bandara Naik Lion Air, Begini Penjelasan Polri

Video dikutip melalui akun twitter @mencaricinta99 menarasikan tentara dari China dengan seragam coklat lengkap beserta helm dan rompi antipeluru, disebut telah tiba di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Viral video di media sosial menarasikan adanya rombongan tentara berseragam lengkap yang tiba di sebuah bandara. Dalam video tersebut menarasikan, jika tentara dimaksud berasa dari China.

Video dikutip melalui akun twitter @mencaricinta99 menarasikan tentara dari China dengan seragam coklat lengkap beserta helm dan rompi antipeluru, disebut telah tiba di Indonesia.

"Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran...... Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata² Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!!*Mentri Pertahannya bahkan tidak merasakan bahaya ??," demikian narasi dalam video tersebut.

Sementara dalam video berdurasi 25 detik merekam puluhan tentara berbaris, dengan membawa tas. Mereka berada di dekat pesawat Lion, dengan kondisi waktu malam hari.

Menanggapi video tersebut, Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan bahwa video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

"Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua," kata Mulyadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (3/2/2023).

Sehingga narasi dalam unggahan di media sosial yang menarasikan tentara dari China adalah salah. Karena, mereka adalah pasukan Brimob yang tiba di bandara sekitar Januari 2023 lalu.

"(Kejadian) sekitar Januadi 2023," singkatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Nyeleneh Warganet

Beragam komentar kocak dan nyeleneh pun dilontarkan oleh warganet terkait video viral tentara China masuk Indonesia pakai pesawat Lion Air.

Berikut adalah rangkuman yang tim Liputan6.com kumpulkan, Jumat (3/2/2023), dari berbagai akun di Twitter.

"Ini adalah momen pemberangkatan Satgas Brimob ke Papua. Kejadian 4 bln yg lalu pasukan Brimob landing Aplos Pamrahwan Papua menggunakan pesawat carter Lion Air," cuit @tukang****

"Anj** emang cina gak punya kapal selam ya? Kok bisa menjajah pakai Lion air 😂 😅," kata @Afif58****

"Kek mana pulak tentara cina naik lion air 😅," ucap @ezra****

"Ngejajah kok pake Lion Air wkwkwk," kata @Iqbal_****.

Sedangkan akun @Olio**** berkomentar, "Itu tentaranya naik lion air kah? Setauku naik pesawat militer khusus. Apa lion air sedang ada promo?"

"Kan katanya mau menjajah Indonesia.Kok make Pesawat Lion air .Benar benar lucu dagelannya Mak," posting @Nanda****

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.