Sukses

Hasil Audit Formula E 2022 oleh KAP Jojo Sunarjo: Keuntungan Rp 5,29 Miliar

Hasil audit oleh Jojo Sunarjo menunjukkan keuntungan penyelenggaraan Formula E hanya Rp 5,29 miliar.

Liputan6.com, Jakarta PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan audit Formula E 2022 sudah rampung dilakukan. Audit ajang balap mobil listrik yang digelar era kepemimpinan Anies Baswedan itu dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP) Jojo Sunarjo. 

Hal ini disampaikan VP Corporate Secretary PT Jakpro Syachrial Syarif ditemui usai Rapat Monitoring Rencana Kerja PT Jakpro dan Alokasi PMD bersama Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Syachrial menyatakan bahwa hasil audit oleh KAP itu wajar. Kendati demikian, terdapat perbedaan pada keuntungan yang sebelumnya dihitung Jakpro.

Diketahui, berdasarkan laporan inhouse, Jakpro mencatatkan laba sebelum pajak sebesar dari penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 sebesar Rp6,41 miliar. 

Sementara itu, hasil audit oleh Jojo Sunarjo menunjukkan keuntungan penyelenggaraan Formula E hanya Rp 5,29 miliar.

"Iya wajar, hasil auditnya itu wajar. Keuntungannya memang berbeda dari yang sebelumnya ya kita sampaikan waktu itu 6 koma sekian (miliar). Sekarang Rp 5,29 miliar," jelas dia.

Lebih lanjut, Syachrial menyebut tak mengingat betul detail hasil audit. Hasil audit, lanjut dia telah diserahkan pada Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BP BUMD) DKI Jakarta dan Inspektorat.

"Detailnya saya enggak ingat, tapi secara keseluruhan keuntungannya 2022 ya, Rp 5,29 miliar. Jojo Sunarjo gitu (KAP audit)," ucapnya.

PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengatakan, audit laporan keuangan Jakarta E-Prix 2022 atau Formula E saat ini sedang berlangsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Audit Bukan oleh BPK

VP Corporate Secretary JakPro, Syachrial Syarief, menjelaskan audit dilakukan oleh lembaga independen atau Kantor Akuntan Publik (KAP), bukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Audit keuangan Jakarta E-Prix 2022 masih berlangsung oleh KAP," kata Syachrial dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu 5 November 2022.

Menurut Syachrial, sesuai laporan inhouse, Jakpro mencatatkan laba sebelum pajak sebesar Rp6,41 miliar dari penyelenggaraan ajang balap mobil listrik Formula E atau Jakarta E-Prix 2022.

Dia menjelaskan bahwa laba Rp6,41 itu sudah memperhitungkan semua pendapatan dan beban cash maupun non-cash, termasuk kewajiban-kewajiban yang masih outstanding sampai dengan 30 September 2022.

JakPro, kata dia, menunggu hasil audit yang dilakukan KAP independen yang diperkirakan selesai akhir tahun 2022 ini. Kendati demikian, ia tak menyebut KAP mana yang dimaksud.

Syachrial menegaskan laba Rp6,41 sudah memperhitungkan keseluruhan seperti pemenuhan kewajiban utang-piutang.

“Jadi kami sampaikan kembali bahwa Rp 6,41 miliar merupakan laba dalam penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2022. Tentunya sudah memperhitungkan keseluruhannya, termasuk pemenuhan kewajiban-kewajibannya," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.