Sukses

Deklarasi Dukung Airlangga di Lumajang: Stabilitas Ekonomi dan Politik Adalah Kunci, Indonesia Butuh Pemimpin Berkapasitas

Komunitas anak muda pelaku ekonomi kreatif dari berbagai latar belakang di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyatakan dukungannya terhadap pencapresan Airlangga Hartarto dalam Pemilu 2024. Hal itu disampaikan dalam dialog publik yang digelar oleh Gerakan BerkAH di Lumajang, Sabtu (28/1).

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas anak muda pelaku ekonomi kreatif dari berbagai latar belakang di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, menyatakan dukungannya terhadap pencapresan Airlangga Hartarto dalam Pemilu 2024. Hal itu disampaikan dalam dialog publik yang digelar oleh Gerakan BerkAH di Lumajang, Sabtu (28/1).

Selain komunitas anak muda dan ekonomi kreatif, dialog publik itu juga menghadirkan akademisi, profesional dan politisi setempat sebagai pembicara.

Mohamad Dani, salah seorang pimpinan komunitas ekonomi kreatif Lumajang, menyatakan pentingnya dialog publik untuk selalu digelar di kalangan anak-anak muda di berbagai daerah karena menjadi medium edukasi kebangsaan dan demokrasi yang efektif dan sehat.

"Dialog Gerakan BerkAH ini bagi saya luar biasa, di tengah kepungan era media sosial. Pertemuan dan perbincangan warga secara langsung tetap harus kita jalankan untuk menjaga tradisi musyawarah akal sehat. Inisiatif Pak Airlangga seperti ini kita apresiasi", ujar Dani.

Ke depan Dani mengusulan inisiatif dialog anak muda secara terbuka dapat dilakukan berkelanjutan dan memberikan manfaat lebih luas. Antara lain, pelatihan, pemberdayaan, dan menghadirkan berbagai peluang ekonomi, peningkatan keterampilan dan soft skill anak muda di Lumajang.

Dani melanjutkan apresiasinya terhadap kepemimpinan Airlangga Hartarto sebagai Menko Perekonomian. Menurutnya, suksesnya kinerja Airlangga tak lepas dari kemampuan teknokratiknya dan kepemimpinan politik Airlangga yang baik di Partai Golkar.

“Dua tahun terakhir ekonomi kita terpuruk karena pandemi, tapi nyatanya kita bisa bangkit melalui kepemimpinan Pak Airlangga sebagai Menko Perekonomian, dan dukungan politik yang solid antara lain Partai Golkar di legislatif,” ujar Dani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ekonomi Indonesia Tumbuh

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Lumajang, Suigsan, menyatakan program-program yang digulirkan pemerintah di bawah kepemimpinan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto membuat ekonomi Indonesia tumbuh.

“Muncul beberapa program, seperti pemberdayaan UMKM melalui KUR (Kredit Usaha Rakyat), Kartu Prakerja, ini hal yang luar biasa. Saat negara lain pada umumnya mengalami inflasi, ekonomi Indonesia bisa tumbuh sampai lima persen,” papar Suigsan yang hadir sebagai narasumber diskusi.

Selain itu, Suigsan menyoroti kemampuan Menko Airlangga yang bisa menciptakan stabilitas ekonomi ketika pandemi menghantam Indonesia.

“Jika ekonomi kita stabil, maka politik pun akan stabil. Saya kira, ketika Pak Airlangga mampu menciptakan stabilitas ekonomi yang kemudian berdampak pada stabilitas politik, saya yakin Pak Airlangga pantas untuk menjadi presiden selanjutnya,” ucap Suigsan.

3 dari 3 halaman

Gerakan BerkAH

Juru Bicara Nasional Gerakan BerkAH, Ikhwanul Maarif, menyatakan Lumajang menjadi kota ketiga di Jawa Timur yang dikunjungi Gerakan BerkAH di tahun 2023.

“Lumajang termasuk rangkaian safari di Jawa Timur, ya, dan antusiasme anak muda Lumajang luar biasa, mereka sangat potensial untuk perkembangan ekonomi kreatif,” jelas Ikhwanul.

Ikhwanul melanjutkan, sebagaimana ia dan tim Gerakan BerkAH berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia, program-program ekonomi Menko Airlangga dirasakan manfaatnya oleh banyak pelaku ekonomi kreatif, UMKM, kalangan pekerja dan juga pengusaha. Oleh karena itu, tak heran jika hari ini banyak masyarakat yang telah memahami pentingnya pemimpin yang berkapasitas.

"Bukan hanya mengandalkan pencitraan, hasil survei, tapi yang utama adalah yang betul-betul mampu menggerakkan roda ekonomi, mulai dari di masa sulit, pemulihan sampai membangkitkan sosial ekonomi, dan itu semua tak lepas dari upaya-upaya kepemimpinan politik yang teduh dan bijaksana sebagaimana Pak Airlangga", tegas Ikhwanul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.