Sukses

Gibran Siap Maju Pilgub 2024, PKS: Ada Pencalonan Sendiri

Aboe mengapresiasi keberanian putra Presiden Joko Widodo itu menyatakan siap maju sebagai calon gubernur. Tidak ada larangan bagi seseorang yang terbuka ingin berlaga di pilkada.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) enggan menyatakan apakah akan mendukung Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon gubernur di Pilkada 2024. PKS akan melakukan pembahasan pencalonan sendiri untuk memutuskan mengusung siapa di Pilkada 2024.

"PKS pasti ada pembicaraannya dan ada pencalonan sendiri," ujar Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi kepada wartawan dikutip Sabtu (21/1/2023).

Namun, Aboe mengapresiasi keberanian putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menyatakan siap maju sebagai calon gubernur. Tidak ada larangan bagi seseorang yang terbuka ingin berlaga di Pilkada.

"Bagus saja, positif-positif saja, orang mau maju kenapa, sih," katanya.

Hanya saja, Aboe menyebut, publiklah justru yang akan menilai apakah Gibran memang layak untuk naik tingkat menjadi gubernur atau tidak.

"Artinya setiap orang berhak menyatakan dirinya siap maju, soal nanti rakyat sendiri yang menyatakan layak atau tidak," ujar anggota Komisi III DPR RI ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Berambisi Maju

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menegaskan dirinya tidak berambisi maju dalam Pilgub 2024. Namun jika ditugaskan oleh PDIP, putra sulung Presiden Jokowi itu mengaku siap.

"Saya siap, kalau ada penugasan," ujar Gibran saat ditemui di Solo Safari, Jumat (20/1/2023).

Meskipun siap jika ditugaskan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri maju Pilgub 2024, Gibran enggan dianggap berambisi.

"Itu bukan berarti aku mau nyagub (mencalonkan diri sebagai gubernur), enggak. Saya nunggu perintah," tegasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.