Sukses

TNI AU Hentikan Operasional Pesawat C-130 B Hercules A-1312

Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerangkan, pesawat C-130 B Hercules A-1312 itu mulai digunakan TNI AU sejak 1975 silam.

Liputan6.com, Jakarta TNI AU resmi menghentikan operasional pesawat C-130 B Hercules A-1312. Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menerangkan, pesawat buatan Amerika itu mulai digunakan TNI AU sejak 1975 silam.

Selama 47 tahun pengabdian, A-1312 banyak berperan mendukung berbagai operasi, baik OMP maupun OMSP, di seluruh penjuru pelosok tanah air, dengan aman dan selamat.

"Pesawat Hercules A-1312 mempunyai jasa besar, baik bagi TNI AU khususnya maupun bangsa Indonesia pada umumnya. Pesawat itu telah berperan besar memperkuat Skd 31 dan Skd 32, menjelajahi angkasa Indonesia lebih dari puluhan ribu jam terbang," ujar Fadjar dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/1/2023).

Fadjar menerangkan sesuai ketentuan yang berlaku, dengan habisnya usia center wing box pesawat hercules A-1312 yang telah mencapai 45 ribu jam terbang, maka operasional dihentikan.

Fadjar mengatakan, peran pesawat hercules A-1312 selanjutnya akan digantikan oleh C-130 J, pesawat hercules tipe terbaru yang dijadwalkan datang dalam waktu dekat.

Fadjar secara khusus menyampaikan apresiasi kepada seluruh kru dan teknisi A-1312 yang telah terlibat mengoperasikan dengan aman dan sukses.

"Selaku Kasau saya secara khusus memberikan apresiasi kepada kru, teknisi dan pendukung A-1312, karena relah berhasil menghantarkan pesawat A-1312 sampai penghujung darma bakti dengan catatan sangat baik dan sukses," ujar Fadjar.

Fadjar juga mengajak keluarga besar TNI AU merenungkan kembali pengabdian panjang pesawat hercules A-1312, agar menjadi bagian dari karakter TNI AU sebagai prajurit pengawal dirgantara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tradisi

Penghentian operasional pesawat Skadron Udara (Skd) 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang tersebut, dipimpin langsung oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam sebuah tradisi di hanggar Skd 32 Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Jumat (13/1/2023).

Tradisi sebagai ungkapan rasa syukur atas rakhmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dicurahkan kepada keluarga besar TNI AU, terutama melalui operasional salah satu pesawat bersejarah kebanggaan bangsa, yaitu C-130B Hercules A-1312.

Tradisi tersebut diharapkan menjadi inspirasi dan motivasi para prajurit generasi penerus TNI AU untuk senantiasa berjuang memberikan yang terbaik dalam menjawab panggilan tugas, seperti yang ditunjukkan para senior bersama pesawat Hercules A-1313.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketum PIA Ardhya Garini Ny.Inong Fadjar Prasetyo, Pangkoopsudnas Marsdya TNI M.Toni Hardjono, para Asisten Kasau, Dankoharmatau, Pangkoopsud II, beberapa Kepala Dinas Mabesau dan Komandan Lanud Abdulrachman Saleh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.