Sukses

PM Malaysia: Saat Masa Sulit, Indonesia Menyambut Sebagai Sahabat Sejati

Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan Indonesia masih menyambutnya sebagai sahabat sejati saat dirinya mengalami masa sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan Indonesia masih menyambutnya sebagai sahabat sejati saat dirinya mengalami masa sulit. Hal ini disampaikan PM Anwar saat bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor Jawa Barat, Senin (9/1/2023).

"Ini juga agak personal Bapak Presiden. Semasa kita agak sukar, hidup dalam keadaan terombang-ambing derita, itu Indonesia itu menyambut kita sebagai sahabat sejati," jelas PM Anwar dalam konferensi pers di Istana Bogor Jawa Barat, Senin (9/1/2023).

Dia menekankan tidak akan melupakan kebaikan Indonesia yang membantunya dimasa-masa sulit itu. PM Anwar juga berterima kasih karena Indonesia telah menerimanya sebagai keluarga besar.

"Saya beritahu semalam pada media, tak mungkin kita lupakan ya orang yang sedia membantu kita, menunjukkan rahmat dan menyayangi kita dalam keadaan kita itu tersisih, terbuang atau terlempar arus perkembangan di Malaysia," kata dia.

"Terima kasih kepada Bapak dan seluruh rekan yang menerima saya sebagai keluarga besar," sambung Anwar.

Dia menuturkan bahwa Indonesia memiliki tempat khusus di hatinya. Untuk itu, Anwar Ibrahim memilih Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi pasca dilantik menjadi PM Malaysia pada November 2022.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan saya sangat terharu ya. Saya mengambil keputusan yang saya rasa sesuai dengan memilih Indonesia sebagai negara pertama saya lawati dan kunjungi," ucap dia.

Selain itu, Anwar mengaku belajar banyak dengan kepemimpinan Presiden Jokowi. Dia senang dengan sikap persahabatan dan persaudaraan yang ditunjukkan oleh Presiden Jokowi.

"Saya rasa bahagia sekali dengan sikap dan persahabatan dan persaudaraan pribadi presiden dan juga kesediaan rekan-rekan untuk membantu dan memudahkan," pungkas Anwar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Ajak PM Malaysia Keliling Kebun Raya Bogor

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor Jawa Barat, Senin (9/1/2023). Hal ini dilakukan saat Jokowi menyambut kunjungan resmi PM Anwar Ibrahim di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Anwar Ibrahim tiba di Istana Bogor pada pukul 10.00 WIB. Dia terlebih dahulu melakukan serangkaian prosesi penyambutan mulai dari, upacara, penandatanganan buku tami, veranda talk, hingga penanaman pohon.

Setelah itu, Jokowi mengajak PM Anwar Ibrahim berkeliling Kebun Raya Bogor dengan menggunakan mobil boogie golf. Tampak Jokowi yang menyopiri sendiri PM Anwar Ibrahim.

Di perjalanan, keduanya tampak berbincang-bincang sambil menikmati suasana Kebun Raya Bogor. Setelah beberapa menit mengendarai boogie, Jokowi dan PM Anwar berjalan menyusuri Kebun Raya Bogor.

Jokowi mengajak PM Anwar melihat koleksi pepohonan yang ada di Kebun Raya Bogor. Dia juga sempat menjelaskan salah satu pohon yang ada di Kebun Raya Bogor kepada PM Anwar.

Jokowi dan PM Anwar tidak lama di Kebun Raya Bogor. Keduanya pun kembali ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, dengan menggunakan mobil boogie. Keduanya akan melakukan pertemuan bilateral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.
    Anwar Ibrahim menjadi salah satu politikus asal Malaysia yang cukup terkenal terutama dalam dunia politik.

    Anwar Ibrahim

  • Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara
    Negara serumpun Indonesia yang juga termasuk bagian dari Asia Tenggara

    Malaysia