Sukses

Serba-Serbi Jelang Laga Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam

Laga semifinal pertama Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam saat ini tengah dinantikan para pecinta sepak bola Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta - Laga semifinal pertama Piala AFF 2022 antara timnas Indonesia vs Vietnam saat ini tengah dinantikan para pecinta sepak bola Tanah Air.

Duel timnas Indonesia vs Vietnam bakal dilangsungkan dalam dua leg dengan format kandang-tandang pada Jumat 6 Januari serta Senin 9 Januari 2023 mendatang.

Leg pertama timnas Indonesia vs Vietnam akan berlangsung pada Jumat 6 Januari 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sekjen PSSI Yunus Nusi mengonfirmasi bahwa jam kick-off dijadwalkan pukul 16.30 WIB.

Dan setelah melakoni leg pertama, timnas Indonesia selanjutnya akan bertandang ke kandang timnas Vietnam. Leg kedua semifinal akan berlangsung pada Senin 9 Januari 2023 mendatang di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam.

Seperti diketahui, Skuad Garuda harus berhadapan dengan lawan berat lantaran hanya mampu finish sebagai runner-up Grup A Piala AFF.

Pasukan Merah Putih sejatinya punya torehan poin sama dengan Thailand di puncak klasemen. Hanya saja, Indonesia tertinggal dalam hal selisih gol.

Meski begitu, belum lama ini, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberi kabar bagus tentang kondisi Nadeo Argawinata. Menurutnya, penjaga gawang berusia 25 tahun itu tidak mengalami cedera serius.

Nademo mengalami cedera saat Indonesia mengalahkan Filipina 2-1 pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF di Stadion Rizal Memorial, Filipina, Senin 2 Januari 2023 lalu. Dia harus digantikan Syahrul Fadil di menit ke-24.

Meski cederanya tidak parah, Shin Tae-yong tidak menjamin Nadeo bisa tampil dalam leg pertama semifinal melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat 6 Januari 2023.

"Nadeo bukan cedera yang parah atau serius jadi tidak ada masalah," katanya seperti dikutip Antara.

"Kita lihat saja nanti. Apabila masuk starting line-up, maka dia tidak cedera serius. Tapi, jika tidak masuk berarti dia cedera serius," tambah Shin Tae-yong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Berapa Harga Tiket Semifinal?

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sebelumnya mengungkapkan bahwa dia tidak gentar dengan kekuatan Vietnam. Ia yakin timnya masih punya peluang untuk menang.

"Untuk semifinal, sepertinya kami akan bertemu Vietnam dan akan lebih dulu bermain di kandang. Kami akan mempersiapkan yang terbaik untuk semifinal nanti," ujarnya dikutip dari aman resmi PSSI, Kamis (5/1/2022).

Jika ingin menyaksikan secara langsung, berapa harga tiket laga semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam ?

PSSI telah mengumumkan pihaknya sudah membuka penjualan tiket untuk laga Semifinal AFF 2022 antara Indonesia melawan juara grup B, Vietnam.

Disebutkan, untuk tiket semifinal ini akan mendapat diskon sebesar 15 persen sampai 35 persen dan hanya bisa dipesan hari ini di platform penjualan tiket online, tiket.com.

Setelah itu harga tiket akan kembali ke harga normal. "Jadi manfaatkan hari ini jika ingin mendapatkan diskon," jelas Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Berikut daftar harga tiket laga semifinal Piala AFF 2022 timnas Indonesia vs Vietnam :

Category Pre-Sale Normal

VIP West : Rp 750 ribu (Rp 1 juta)

Timur Utama : Rp 500 ribu (Rp 750 ribu)

Category 1 : Rp 200 ribu (Rp 250 ribu)

Category 2 : Rp 125 ribu (Rp 150 ribu)

 

3 dari 6 halaman

Taktik Timnas Indonesia Disorot

Indonesia dan Vietnam bakal saling sikut di semifinal Piala AFF 2022. Duel antara kedua kesebelasan bakal dilangsungkan dalam dua leg dengan format kandang-tandang pada Jumat 6 Januari serta Senin 9 Januari 2023 mendatang.

Seperti diketahui, Skuad Garuda harus berhadapan dengan lawan berat lantaran hanya mampu finis sebagai runner-up Grup A Piala AFF. Pasukan Merah Putih sejatinya punya torehan poin sama dengan Thailand di puncak klasemen. Hanya saja, Indonesia tertinggal dalam hal selisih gol.

Di sisi lain, Timnas Vietnam sukses mengamankan posisi teratas klasemen akhir Grup B. Anak-anak asuh Park Hang-seo tercatat telah mengoleksi 10 angka yang didapat dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang sepanjang fase penyisihan grup.

Capaian itu mengantar The Golden Stars menjumpai Skuad Garuda di empat besar. Adapun leg pertama semifinal Piala AFF 2022 akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sementara leg kedua digelar di My Dinh National Stadium, Vietnam.

Jelang bentrokan antara kedua tim, media Vietnam TheThao247 menyoroti taktik yang bakal digunakan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Manajer asal Korea Selatan itu sebelumnya memang mengakui tak bakal main bertahan saat melawan Vietnam.

"Tentu saja kami tidak akan bermain bertahan melawan Vietnam. Indonesia akan tetap bermain seperti di babak penyisihan grup. Ini saatnya para pemain menunjukkan kualitas terbaiknya," tutur Shin Tae-yong.

Pernyataan ini nampaknya membuat TheThao247 sedikit waspada. Dalam headline pemberitaannya, media tersebut bahkan menulis "Pelatih Indonesia menyatakan sikap keras jelang semifinal Piala AFF melawan Vietnam".

 

4 dari 6 halaman

Timnas Indonesia Pilih Parkir Bus

Seperti diketahui, Indonesia dan Vietnam memang sudah pernah bersua di babak penyisihan grup Piala AFF edisi lalu. Shin Tae-yong kala itu memilih untuk ‘parkir bus’, sehingga duel antara duo kesebelasan hanya berakhir imbang tanpa gol.

Akan tetapi, permainan berbeda ditampilkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Skuad Garuda nampak lebih agresif melancarkan serangan di berbagai kesempatan, meski sejumlah peluang masih gagal dikonversi menjadi gol lantaran finishing yang kurang apik.

Hal tersebut rupanya juga digarisbawahi oleh media Vietnam. TheThao247 mengungkit performa Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan saat menghadapi lawan berat sekelas Thailand di fase grup A beberapa waktu lalu.

"Indonesia memang tidak bermain defensif selama penyisihan grup Piala AFF 2022. Bahkan dalam pertandingan melawan Thailand, Skuad Garuda juga menunjukkan serangan dan ada kalanya mereka tampil mendominasi di hadapan sang juara bertahan," tulis TheThao247.

 

5 dari 6 halaman

Pelatih Vietnam Pede

Pelatih Vietnam Park Hang-seo mengaku percaya diri anak-anak asuhnya mampu mengalahkan Indonesia. Apalagi, juru taktik asal Korea Selatan itu belum pernah kalah dari Indonesia sejak menukangi Timnas Vietnam.

"Sejak menjadi pelatih kepala tim Vietnam, saya tidak pernah kalah dari Indonesia. Saya yakin Vietnam bisa mengalahkan Indonesia di semifinal Piala AFF 2022," kata Park seperti dilansir dari Baomoi.

Namun, Park Hang-seo nampaknya tak mau terlalu jemawa. Juru taktik berusia 65 tahun tetap mewaspadai kualitas Skuad Garuda yang saat ini diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi.

“Indonesia mencapai final Piala AFF tahun lalu. Baru-baru ini, saya menyaksikan mereka bermain dengan banyak perubahan dibanding sebelumnya. Di Indonesia, pelatih Shin Tae-yong punya banyak pemain naturalisasi berkualitas,” katanya, seperti dilansir dari Baomoi.

"Para pemain lain juga kuat secara fisik dan bagus dari segi taktik. Mereka adalah lawan yang tidak menyenangkan bagi Vietnam. Mereka memiliki keunggulan bermain kandang dan saya berharap seluruh tim akan mendapat hasil baik di leg pertama," sambung Park Hang-seo.

 

6 dari 6 halaman

Jadwal semifinal Piala AFF 2022

Simak jadwal lengkap pertandingan semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam dan Malaysia vs Thailand di bawah ini:

Jumat, 6 Januari 2023

19:30 WIB, Indonesia vs Vietnam (Leg 1)

Sabtu, 7 Januari 2023

19:30 WIB, Malaysia vs Thailand (Leg 1)

Senin, 9 Januari 2023

19:30 WIB, Vietnam vs Indonesia (Leg 2)

Selasa, 10 Januari 2023

19:30 WIB, Thailand vs Malaysia (Leg 2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.