Sukses

Media Vietnam Soroti Taktik Timnas Indonesia Jelang Semifinal Piala AFF 2022

Media Vietnam TheThao247 menyoroti taktik Timnas Indonesia yang menyatakan ogah main bertahan saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dan Vietnam bakal saling sikut di semifinal Piala AFF 2022. Duel antara kedua kesebelasan bakal dilangsungkan dalam dua leg dengan format kandang-tandang pada Jumat (6/1/2023) serta Senin (9/1/2023) mendatang.

Seperti diketahui, Skuad Garuda harus berhadapan dengan lawan berat lantaran hanya mampu finis sebagai runner-up Grup A Piala AFF. Pasukan Merah Putih sejatinya punya torehan poin sama dengan Thailand di puncak klasemen. Hanya saja, Indonesia tertinggal dalam hal selisih gol.

Di sisi lain, Timnas Vietnam sukses mengamankan posisi teratas klasemen akhir Grup B. Anak-anak asuh Park Hang-seo tercatat telah mengoleksi 10 angka yang didapat dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang sepanjang fase penyisihan grup.

Capaian itu mengantar The Golden Stars menjumpai Skuad Garuda di empat besar. Adapun leg pertama semifinal Piala AFF 2022 akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sementara leg kedua digelar di My Dinh National Stadium, Vietnam.

Jelang bentrokan antara kedua tim, media Vietnam TheThao247 menyoroti taktik yang bakal digunakan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Manajer asal Korea Selatan itu sebelumnya memang mengakui tak bakal main bertahan saat melawan Vietnam.

"Tentu saja kami tidak akan bermain bertahan melawan Vietnam. Indonesia akan tetap bermain seperti di babak penyisihan grup. Ini saatnya para pemain menunjukkan kualitas terbaiknya," tutur Shin Tae-yong.

Pernyataan ini nampaknya membuat TheThao247 sedikit waspada. Dalam headline pemberitaannya, media tersebut bahkan menulis "Pelatih Indonesia menyatakan sikap keras jelang semifinal Piala AFF melawan Vietnam".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Parkir Bus

Seperti diketahui, Indonesia dan Vietnam memang sudah pernah bersua di babak penyisihan grup Piala AFF edisi lalu. Shin Tae-yong kala itu memilih untuk ‘parkir bus’, sehingga duel antara duo kesebelasan hanya berakhir imbang tanpa gol.

Akan tetapi, permainan berbeda ditampilkan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Skuad Garuda nampak lebih agresif melancarkan serangan di berbagai kesempatan, meski sejumlah peluang masih gagal dikonversi menjadi gol lantaran finishing yang kurang apik.

Hal tersebut rupanya juga digarisbawahi oleh media Vietnam. TheThao247 mengungkit performa Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan saat menghadapi lawan berat sekelas Thailand di fase grup A beberapa waktu lalu.

"Indonesia memang tidak bermain defensif selama penyisihan grup Piala AFF 2022. Bahkan dalam pertandingan melawan Thailand, Skuad Garuda juga menunjukkan serangan dan ada kalanya mereka tampil mendominasi di hadapan sang juara bertahan," tulis TheThao247.

3 dari 4 halaman

Park Hang-seo Pede

Sebelumnya, pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo optimistis menanggapi peluang anak-anak asihnya lolos ke babak final. Juru taktik asal Korea Selatan itu yakin The Golden Stars tak bakal kalah dari Skuad Garuda di semifinal Piala AFF 2022.

"Sejak menjadi pelatih kepala tim Vietnam, saya tidak pernah kalah dari Indonesia. Saya yakin Vietnam bisa mengalahkan Indonesia di semifinal Piala AFF 2022," ujarnya mengenai perjumpaan dengan Tim Garuda, seperti dilansir dari Baomoi.

Walau begitu, Park Hang-seo nampaknya tak mau terlalu jemawa di hadapan tim racikan Shin Tae-yong. Juru taktik berusia 65 tahun tetap mewaspadai kualitas Skuad Garuda yang saat ini diperkuat oleh sejumlah pemain naturalisasi.

"Indonesia mencapai final Piala AFF tahun lalu. Baru-baru ini, saya menyaksikan mereka bermain dengan banyak perubahan dibanding sebelumnya. Di Indonesia, pelatih Shin Tae-yong punya banyak pemain naturalisasi berkualitas. Para pemain lain juga kuat secara fisik dan bagus dari segi taktik," katanya mengutip Baomoi.

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Jumat, 6 Januari 2023

16:30 WIB, Indonesia vs Vietnam (Leg 1)

Sabtu, 7 Januari 2023

19:30 WIB, Malaysia vs Thailand (Leg 1)

Senin, 9 Januari 2023

19:30 WIB, Vietnam vs Indonesia (Leg 2)

Selasa, 10 Januari 2023

19:30 WIB, Thailand vs Malaysia (Leg 2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.