Sukses

Simak 20 Link Twibbon Hari Galungan dan Kuningan 2023 yang Bisa Kamu Buat

Selain melakukan ibadah, kamu juga bisa ikut merayakannya dengan membuat Twibbon Hari Galungan dan Kuningan 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Peringatan Hari Galungan dan Kuningan biasanya selalu dinantikan umat Hindu. Sebab, Hari Raya Galungan dan Kuningan memang merupakan salah satu peringatan hari besar keagamaan bagi umat Hindu.

Bagi umat Hindu, perayaan Hari Raya ini untuk memperingati terciptanya alam semesta dan seisinya. Dalam kalender Masehi, Hari Raya Galungan dan Kuningan dirayakan sebanyak dua kali dalam setahun.

Hari Raya Galungan dirayakan setiap enam bulan Bali (210 hari), yakni pada hari Budha Kliwon Dungulan atau Rabu Kliwon wuku Dungulan. Dan pada 2023 ini, Hari Raya Galungan dirayakan tepatnya Rabu 4 Januari dan Hari Raya Kuningan pada Minggu 14 Januari. Selain itu, Hari Raya Galungan dan Kuningan akan kembali diperingati pada Agustus 2023 mendatang.

Perayaan Hari Raya Galungan sendiri adalah peringatan hari kemenangan Dharma atau kebenaran melawan Adharma atau kejahatan. Sedangkan Hari Raya Kuningan juga dirayakan sebagai bentuk permohonan perlindungan, keselamatan, perlindungan hingga tuntunan lahir batin pada Dewa, Bhatara, dan Putara.

Galungan dalam bahasa Jawa Kuno memiliki arti bertarung. Galungan disebut juga dengan 'dungulan' yang artinya menang. Hari Raya Galungan adalah hari di mana umat Hindu memperingati terciptanya alam semesta jagad raya beserta seluruh isinya. Serta merayakan kemenangan kebaikan (dharma) melawan kejahatan (adharma).

Perayaan Hari Raya Galungan identik dengan penjor yang dipasang di tepi jalan, menghiasi jalan raya yang bernuansa alami. Penjor adalah bambu yang dihias sedemikian rupa sesuai tradisi masyarakat Bali setempat.

Sebagai ucapan syukur, umat Hindu memberi dan melakukan persembahan pada Sang Hyang Widhi dan Dewa Bhatara (dengan segala manifestasinya). Penjor yang terpasang di tepi jalan sendiri merupakan haturan ke hadapan Bhatara Mahadewa.

Selain itu, Hari Raya Kuningan juga dirayakan sebagai bentuk permohonan perlindungan, keselamatan, perlindungan hingga tuntunan lahir batin pada Dewa, Bhatara, dan Putara.

Kemudian, bagaimana cara merayakannya? Selain melakukan ibadah, kamu juga bisa ikut merayakannya dengan membuat Twibbon Hari Galungan dan Kuningan 2023.

Lantas, apakah Twibbon? Twibbon sendiri merupakan bingkai bertema yang bisa dipasang di foto profil akun media sosial seseorang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Buat Twibbon

Bingkai atau Twibbon tersebut bisa dipakai untuk foto profil akun Facebook, Twitter, Instagram, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, serta kirim ke orang lain melalui laman Twibbonize.com.

Untuk membuat Twibbon Hari Galungan dan Kuningan 2023 pun cukup mudah. Kamu dapat menggunakan perangkat seperti laptop, tablet, atau cukup dari ponsel. Berikut caranya:

1. Kamu cukup memilih salah satu dari link atau dapat mencari lebih banyak di Twibbonize.com,

2. Lalu, klik "Choose a Photo" dan pilih foto yang kamu ingin pakaikan bingkai dari galeri perangkatmu,

3. Sesuaikan posisi foto di dalam bingkai yang dipilih, kemudian pilih "Next",

4. Klik "Download" untuk menyimpannya di perangkatmu,

5. Kamu lalu bisa membagikan Twibbon yang sudah kamu buat di media sosial yang diinginkan.

 

3 dari 4 halaman

Link Twibbon Hari Galungan dan Kuningan 2023

Berikut link Twibbon Hari Galungan dan Kuningan 2023 yang dihimpun Liputan6.com dari laman Twibbonize.com:

1. twb.nz/bhdmgalungankuningan

2. twb.nz/galunganeka

3. twb.nz/galunganllankuningan

4. twb.nz/harigalunganemka

5. twb.nz/galungankuningan-2023

6. twb.nz/lezzagalungandankuningan2023

7. twb.nz/leafheagalungan2023

8. twb.nz/galunagn23

9. twb.nz/harigalungan-kuningan

10. twb.nz/galungan-kuningan2023

11. twb.nz/galungankuninganskensa

12. twb.nz/galungankuningan-smandala2023

13. twb.nz/puramertasarigalungan2023

14. twb.nz/galungannkuningan2023

15. twb.nz/rahajenggalungandinkes2023

16. twb.nz/rahajenggalungandinkes2023

17. twb.nz/galunganbi2023

18. twb.nz/galunganbi2023

19. twb.nz/galunganbi2023

20. twb.nz/galungankuninganspenda

 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan yang Penuh Makna

1. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi yang merayakannya. Semoga kemenangan Dharma dan Adharma dapat diwujudkan dalam hidup dan keseharian kita."

2. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan umat Hindu sedharma."

3. "Untuk semua sahabat yang merayakan. Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita dilimpahkan damai sejahtera dan kebahagiaan."

4. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Mari ciptakan Dharma di hati demi tercapainya kedamaian dalam diri."

5. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada kita semua."

6. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita senantiasa dberikan kebaikan dan kesejahteraan dari segala penjuru dalam menggapai keinginan mulia dan dapat mengalahkan sifat Adharma yang ada pada diri kita. Svaha."

7. "Selamat Hari Suci Galungan dan Kuningan buat umat Hindu di manapun berada. Semoga Tuhan Yang Masa Kuasa memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada semua makhluk hidup."

8. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Semoga kita semua berbahagia di jalan Dharma."

9. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan bagi umat Hindu yang merayakan."

10. "Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan, Tahun Baru Saka 1944. Semoga ajaran Dharma selalu menjadi penuntun untuk meraih keharmonisan, kedamaian dan kesejahteraan dalam hidup."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.