Sukses

Ditemukan di Ciledug, Korban Penculikan Anak di Jakpus Dibawa ke RS Polri

Polisi berhasil menangkap pelaku penculikan anak di Gunung Sahari, Jakpus. Pelaku dan korban ditemukan di kawasan Ciledug, Tangerang, Senin 2 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Satreskrim Polres Metro Jakarta Pusat akhirnya berhasil menemukan M, korban penculikan anak di kawasan Gunung Sahari, Jakpus yang sempat viral. 

Korban bersama penculiknya yakni Iwan Sumarno (42) alias Jacky alias Yudi alias Herman ditemukan di kawasan Ciledug, Tangerang pada hari ini, Senin (2/1/2023).

Polisi kemudian menggadeng tim dokter Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati guna memeriksa kondisi psikologis korban.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat, AKBP Gunarto menerangkan, pihaknya akan merujuk korban ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati malam ini.

"Korban akan kita bawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk visum dan cek kesehatan," ujar dia saat dihubungi, Senin malam.

Gunarto menerangkan, secara fisik korban terlihat dalam kondisi sehat. Namun, M harus tetap menjalani pemeriksaan medis di RS Polri.

"Sementara kondisi M sehat namun harus kita cek medis dan psikologis," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, polisi telah mengidentifikasi pelaku penculikan anak perempuan di kawasan Gunung Sahari, Jakpus. Pelaku memiliki nama asli Iwan Sumarno (42) alias Jacky alias Yudi alias Herman.

"Kami mengidentifikasi bahwa terduga pelaku adalah atas Iwan Sumarno alias Jacky alias Herman alias Yudi," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin saat dihubungi, Senin (2/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelaku Teridentifikasi dari CCTV dan Keterangan Saksi

Komarudin menerangkan, identitas terduga pelaku penculikan terungkap berkat kerja sama tim di lapangan. Komarudin mengatakan, penyidik menggali keterangan saksi dan mempelajari rekaman CCTV.

"Kami coba menggali mengumpulkan keterangan-keterangan kita rangkai keterangan dari orang tua korban kemudian potongan CCTV yang ada kemudian dengan ciri-ciri yang disampaikan bahwa terduga pelaku sering membawa gerobak dengan ciri-ciri khusus kemudian kami menemukan kembali CCTV di Jalan Irigasi dengan orang yang memang membawa gerobak tersebut," papar dia.

Komarudin menjelaskan, salah satu potongan CCTV memperlihatkan terduga pelaku sedang tidur di emperan toko.

Sementara itu, dari keterangan saksi menyebut orang dengan ciri-ciri yang sama pernah diamankan di RW 5, Pademangan terkait dengan kasus dugaan penggelapan motor.

"Itu fotonya jelas sekali," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Sempat Viral di Medsos

Komarudin menerangkan, pihaknya berhasil menemukan keluarga dari terduga penculik. Identitas orang yang diduga membawa korban M dengan menggunakan bajaj akhirnya pun terkuak.

"Nah dari sana kemudian kami kembali identifikasi kami bisa menemukan juga KTP yang bersangkutan atas nama Iwan Sumarno," ujar dia.

Detik-detik dugaan penculikan viral di media sosial. Akun @l*ns*_b*rit*_ja*a*ta mengunggah rekaman CCTV berdurasi 3 menit ke instagram.

Anak perempuan bersama terduga pelaku berjalan ke arah bajaj yang terparkir di pinggir jalan sempit. Tak lama setelah itu, si anak naik di bangku depan.

Diinformasikan kejadian terjadi di kawasan Gunung Sahari 7A pinggir rel, Jakarta Pusat pada Rabu 7 Desember 2022.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.