Sukses

DLH Jakarta Kerahkan 3.180 Petugas Bersihkan Sampah Sisa Perayaan Tahun Baru

DLH DKI Jakarta menargetkan seluruh sampah sisa-sisa perayaan malam tahun baru bersih sebelum jam 5 pagi pada Minggu 1 Januari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengerahkan 3.180 personel satuan tugas kebersihan pada malam tahun baru 2023.

Hal tersebut untuk mencapai target pada Minggu (1/1/2023) subuh seluruh wilayah Jakarta sudah bersih dari sisa-sisa perayaan malam pergantian tahun.

"Kami mengerahkan 3.180 petugas kebersihan. Petugas ini terdiri dari supir truk sampah, crew, dan regu comot. Kami juga mengerahkan petugas tambahan dari UPK Badan Air untuk membantu di darat dan berkerja sama dengan PPSU kelurahan di wilayahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto dalam keterangannya, dikutip Minggu (1/1/2023).

Ribuan petugas itu memulai kegiatan pembersihan secara serentak sejak pukul 00.30 WIB dan sesuai target, selesai sebelum pukul 05.00 WIB.

"Ketika puncak pergantian tahun terlewati dan acara utama selesai, petugas akan langsung bergerak di setiap lokasi. Petugas telah disiagakan sejak Sabtu (31/12) sore, seluruh Suku Dinas Lingungan Hidup wilayah akan menggelar apel konsiyering untuk mengecek kesiapan petugas," kata Asep.

Penanganan sampah pada malam Tahun Baru 2023 akan diselenggarakan di 21 lokasi di 5 wilayah Kota Administrasi. Puncak acara perayaan malam Tahun Baru di Jakarta berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Pada puncak acara perayaan malam tahun baru di TMII kami khusus mengerahkan 600 personil dengan saranan dan prasarana berupa 4 unit angkutan sampah, 10 bus toilet dan 4 unit sweeper untuk melakukan penanganan sampah sebelum dan sesudah acara,” tutur Asep. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli Pengawas Kebersihan

Asep menambahkan, seluruh Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi penanganan kebersihan di setiap lokasi pergantian tahun di wilayahnya masing-masing.

“Tidak hanya di acara puncak di TMII saja, di sepanjang Jl MH Thamrin dan setiap kota maupun ruang publik di Jakarta juga menggelar perayaan baik acara hiburan, Car Free Night atau doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya,” katanya.

Pengawas kebersihan juga akan melakukan patroli di seluruh wilayah Jakarta menggunakan armada pick up double cabin dan motor trail. Mereka akan memastikan penanganan kebersihan berlangsung dengan baik.

Untuk sarana penanganan kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup mengerahkan kendaraan angkut sampah 14 unit, mobil penyapu jalan otomatis atau road sweeper 24 unit, 17 bus toilet, serta menyebar ratusan tempat sampah beroda di lokasi-lokasi keramaian malam tahun baru. Selain itu, TPST Bantargebang juga disiagakan beroperasi 24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.