Sukses

Resmikan Ruang KIE Kebencanaan, Heru Budi Minta Disdik Sosialisasikan ke Siswa

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan secara simbolis Ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan DKI Jakarta di Gedung Disgulkarmat DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan secara simbolis Ruang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kebencanaan DKI Jakarta di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Disgulkarmat) DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2022).

Heru mengatakan hadirnya ruang KIE ini menjadi salah satu upaya mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun pelatihan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan menghadapi ancaman bencana.

Ruang KIE Kebencanaan ini merupakan pusat literasi kebencanaan pertama yang menggunakan teknologi virtual reality yang diharapkan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik demi mewujudkan budaya sadar bencana pada masyarakat Jakarta untuk menjadikan Jakarta Kota Tangguh Bencana.

"Mohon disosialisasikan ke seluruh masyarakat Jakarta, tidak hanya di Jakarta saja, Jabodetabek dipersilakan, mahasiswa juga boleh. Karena penanggulangan bencana itu harus dimulai dari diri kita sendiri," tambah Pj Gubernur Heru.

Heru pun meminta Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta untuk membantu menyosialisasikan keberadaan dan manfaat Ruang KIE Kebencanaan DKI Jakarta kepada satuan pendidikan maupun para peserta didik pada semua jenjang pendidik di wilayah DKI Jakarta.

"Saya juga minta kepada Kepala Dinas Pendidikan untuk wajib menyosialisasikan, satuan pendidikan aman bencana, di sekolah ada teorinya terus dibawa ke sini," kata Heru.

Heru menyampaikan bahwa nantinya ruang KIE Kebencanaan ini menjadi salah satu pusat literasi kebencanaan di DKI Jakarta. Khususnya, kata dia dalam bidang ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat pada program penanggulangan bencana.

"Di sini ada beberapa ruangan, ada tata cara P3K, penanggulangan banjir. Tadi ada perahu, terus bagaimana evakuasi ketika suatu ruangan kebakaran, anak-anak bisa ke tempat yang lebih aman, ada pelatihan gempa (penyelamatan diri). SAR juga menjelaskan tata cara mengevakuasi. Ini sebuah kebersamaan, terima kasih," jelas Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada Ruang P3K hingga Pemadaman Kebakaran

Pada ruang KIE ini ada beberapa ruangan tematik seperti ruang edukasi P3K, pemadaman kebakaran, penyelamatan diri terhadap asap kebakaran, edukasi banjir, dan ruang dialog tentang kebencanaan. Selain itu, pendekatan edukasi kebencanaan di ruang KIE ini menggunakan model gamifikasi melalui virtual reality.

Kegiatan peresmian ruang KIE Peresmian ini disaksikan Kepala Kantor SAR DKI Jakarta, Fazzli, Deputi Sistem dan Strategi BNPB, Raditya Jati, serta Kepala Bidang Layanan Informasi Cuaca BMKG, Ana Oktavia.

Hadir pula Penjabat (Pj) Sekda DKI Jakarta, Uus Kuswanto, Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma, hingga Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.