Sukses

Relawan GP Mania Menakar Peluang Ganjar-Sandiaga: Minim Resistensi

Noel menyebut nama Sandiaga selalu tinggi dalam beberapa survei cawapres. Dia juga melihat sosok Sandiaga sebagai pekerja keras dan energik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Ganjar Pranowo (GP) Mania Immanuel Ebenezer menakar peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jika berpasangan dengan Sandiaga Uno di pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Immanuel dalam acara diskusi publik 'Teman Politik'.

Immanuel yang akrab disapa Noel ini menyebut pasangan Ganjar-Sandi minim resistensi. Sebab menurut dia, sosok Sandiaga dapat diterima di berbagai kalangan.

"Kalau kita lihat resistensi ke Mas Sandi ini ga begitu tinggi daripada yang lain. Makanya saya lihat ini sosok tandeman yang paling bagus kombinasi dua ini, karena beda pemilihnya," ujar Noel di Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Lebih lanjut, Noel yang juga merupakan Ketua Jokowi Mania (JoMan) ini menilai Sandiaga Uno mumpuni secara sosial dan politik. Dia pun secara tersirat mengaku sreg jika Ganjar Pranowo berpasangan dengan Sandiaga Uno.

"Soal pengalaman jadi pejabat sudah, jadi pengusaha sudah, mendampingi siapapun sudah. Nah yang dia belum lakukan kan menjadi pendampingnya Mas Ganjar," ucap Noel.

Noel pun menyebut nama Sandiaga selalu tinggi dalam beberapa survei cawapres. Dia juga melihat sosok Sandiaga sebagai pekerja keras dan energik.

"Anak muda, pekerja, sangat energik. Nah ketika ini disatukan menjadi kekuatan, ini luar biasa," kata Noel.

Sementara itu, pembicara lainnya yakni Direktur Eksekutif ICRC Hadi Suprapto Rusli menyebut Sandiaga Uno memiliki kelebihan. Menurut dia, pasangan Ganjar-Sandi juga bakal lebih mudah mendapatkan 'restu' dari Presiden RI Joko Widodo.

"Sandi berpotensi mendapat dukungan Jokowi karena secara tidak langsung Pak Jokowi memberikan sinyal akan mendukung Ganjar. Kalau Ganjar pasangannya Sandi, Sandi adalah bagian dari pemerintahan hari ini, saya kira akan lebih mudah untuk mendapat tiket itu," tutur Hadi.

Selain Bung Noel dan Hadi, acara ini turut dihadiri pembicara lainnya yakni akademisi Yumelda Sari dan Iwel Sastra selaku moderator.

Adapun diskusi ini bertemakan 'Menakar Peluang Ganjar-Sandi'.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar Teratas di Survei

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyatakan bahwa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dianggap paling representatif sebagai pelanjut Jokowi. 

"Mayoritas publik menginginkan keberlanjutan progam pemerintah di pemerintahan mendatang. Ganjar Pranowo dianggap paling representatif sebagai pelanjut Joko Widodo," kata Pangi melalui akun YouTube Voxpol Center, Jumat (23/12/2022).

Pemilih yang menganggap program pemerintah saat ini layak dilanjutkan cenderung memilih Ganjar Pranowo, yaitu ada sebesar 35,4 persen. Disusul Anies Baswedan 20,1 persen. Dan di posisi ketiga ada Prabowo Subianto sebesar 19,0 persen.

Sementara itu, nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ada di urutan terbawah (1,0 persen).

Adapun survei ini dilaksanakan pada 7 November 2022. Survei ini menggunakan metode multistage random sampling melalui dua tahap, yakni menggunakan systematic random sampling dalam memilih TPS. Kedua menggunakan systematic random sampling dalam memilih responden dari DPT.

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2,81 persen. Sampel survei menjangkau 34 provinsi di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.