Sukses

Kuras Arus Balik di Puncak Bogor, Polisi Berlakukan One Way Lebih Lama

Kepadatan arus kendaraan itu di antaranya di kawasan Pasar Cisarua, kawasan tanjakan Selarong hingga Simpang Pasir Muncang.

Liputan6.com, Bogor - Polisi memberlakukan sistem satu arah atau one way dari arah Puncak Bogor menuju Jakarta sejak Minggu (25/12/2022) pukul 11.30 WIB. One way diberlakukan lebih awal untuk mencegah kemacetan akibat arus balik libur Natal di kawasan Puncak.

Hingga pukul 17.30 WIB masih diberlakukan one way mengingat arus kendaraan dari arah Puncak terpantau padat.

Kepadatan arus kendaraan itu di antaranya di kawasan Pasar Cisarua, kawasan tanjakan Selarong hingga Simpang Pasir Muncang.

Sementara titik kemacetan parah terjadi di kawasan Cipayung. Arus lalu lintas mengalami hambatan akibat banyaknya pengendara yang beristirahat usai mengisi BBM di SPBU kawasan itu.

KBO Lalu Lintas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana mengatakan hari ini one way diberlakukan lebih awal dan lebih lama dari biasanya mengingat terjadi kepadatan arus balik wisatawan usai liburan Natal.

"Kami berlakukan one way ini sampai arus dari atas (Puncak) berkurang, setelah itu baru dinormalkan. Cuma kami tidak bisa menentukan waktunya. Tapi melihat situasi kondisi arus di lapangan," ujar Ketut.

Ketut mengatakan, untuk volume kendaraan dari Jakarta menuju kawasan Puncak berkurang pada hari Sabtu kemarin dan Minggu hari, jika dibandingkan hari sebelumnya.

"Jadi kendaraan yang mengarah Puncak itu ramainya di hari Senin sampai Jumat kemarin. Karena bertepatan liburan sekolah. Kalau hari biasa kan mungkin dipikir tidak akan terlalu macet seperti weekend," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cukup Normal

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan patroli arus lalu lintas tempat wisata di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu, yang banyak dilalui masyarakat untuk berwisata

"Hari ini kita melaksanakan patroli di tempat wisata karena kita tahu Minggu, tanggal 25 libur Natal. Banyak masyarakat yang memanfaatkan libur Natal bersilaturahmi dan berwisata," kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan di Pos Pelayanan Terpadu Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Minggu (25/12/2022).

Brigjen Aan menyampaikan hingga saat ini salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit masyarakat di Jabodetabek adalah Puncak Bogor. Hasil patroli menunjukkan di sepanjang Tol Jagorawi menuju Puncak Bogor lalu lintas cukup terkendali.

Brigjen Aan bersama anggota Korlantas Polri dan jajaran Polres Bogor berpatroli di jalur wisata Puncak Bogor dengan mengendarai sepeda motor. 

"Kalau saya lihat masih cukup normal, kemudian ke Puncak Bogor cukup terkendali, belum dilakukan rekayasa lalu lintas," katanya yang dilansir dari Antara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.